by

Forkopimda Bener Meriah Peringati Hari Hardikda Ke-61 Tahun 2020

Redelong | Lintasgayo.com – Telah digelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Aceh (Hardikda) ke-61 Tahun 2020 yang diikuti oleh unsur Forkopimda di Kabupaten Bener Meriah, yang diadakan dilapangan Sekdakab, Serule Kayu, Kecamatan Bukit. Rabu 02/09/2020.

Selaku Inspektur Upacara sekaligus membacakan amanat Gubernur Aceh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, bahwa Hardikda merupakan salah satu manifestasi dari adanya keistimewaan Aceh dalam bidang pendidikan.

Keberadaan Hardikda ini tidak terlepas dari upaya sungguh-sunguh tokoh pendidikan Aceh dalam memperkuat pembangunan Aceh berbasis SDM yang cerdas, berkualitas dan berintegritas tinggi, kata Bupati menyampaikan amanat Gubernur Aceh.

“Dapat kita ketahui selama kurun 3 tahun menjalankan visi Aceh hebat, sudah terdapat banyak prestasi yang kita capai, diantaranya adalah, Indek Pembangunan Manusia (IPM) meningkat dari 70,60% menjadi 71,19%, ini menunjukan trend yang positif,” poin dari kutipan amanatnya.

Sarkawi juga membacakan, upaya mempercepat akses serta memacu peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan, Pemerintah Aceh telah membentuk 20 Cabang Dinas Pendidikan Aceh di Kabupaten/Kota Se Aceh.

“Disamping itu Pemerintah Aceh juga telah melakukan peningkatan kapasitas ribuan guru dan tenaga kependidikan dalam berbagai kompetensi,” ujarnya.

“Tahun ini saja Aceh sudah bisa mengantarkan lebih dari 5.300 lulusan SMA/SMK/MA melalui jalur SNMPTN ke berbagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, Sektor pendidikan merupakan salah satu program prioritas pemerintah Aceh sebagaimana tertuang dalam RPJMA periode 2017 -2022,” tambahnya.

Dalam Pidato Gubernur tersebut berharap semua pihak harus terlibat secara terintegrasi, baik itu Dinas Pendidikan, Kanwil Kementerian Agama, Dinas Pendidikan Dayah, Majelis Pendidikan Aceh, Bappeda, Perguruan Tinggi dan Instansi terkait lainnya.

Hal ini sesuai amanat Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, terhitung sejak 1 Januari 2017, tanggung jawab pengelolaan pendidikan setingkat Paud, SD, SMP dan pendidikan non formal berada dibawah koordinasi pemerintah Kabupaten/Kota.

“Sedangkan pendidikan setingkat SMA/SMK dan Sekolah Luar Biasa (SLB) tangung jawab Provinsi dan Perguruan Tinggi tanggung jawabnya berada di pemerintah pusat,” terangnya.

Upacara peringatan Hardikda ke-61 di Bener Meriah dihadiri oleh, para Staf Ahli Bupati, Asisten I Mukhlis, Asisten II Abdul Muis, Asisten III Suarman, Dandim 0119/BM Letkol Inf. Valyan Tatiyunis, Ketua Mahkamah Syariyah Irwan, S.HI, Ketua MPU Tgk. Almuzani, Wakil Ketua I DPRK Tgk. Husnul Ilmi.

Juga Wakapolres Kompol Mulyono, Wadanyonif 114/SM Mayor Inf. Ramelza Adha Putra, Ketua Pengadilan atau yang mewakili, para Kepala SKPK, serta undangan lainnya. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News