by

Bupati, Santri Bener Meriah Harus Jadi Garda Terdepan Kampanyekan Prokes

Redelong |Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi beserta Sekda dan Unsur Forkopimda dan Forkopimda Plus mengucapkan selamat hari Santri Nasional tahun 2020 dengan tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat. Kamis 22/10/2020.

Menurut Tgk.H.Sarkawi, bahwa santri merupakan generasi penerus bangsa yang tidak hanya agamais tapi juga intelektual. “Bangsa yang besar di belakangnya ada santri yang selalu berdoa dan berusaha. tegas Sarkawi.

Kemudian lagi, moment hari ini santri merupakan upaya diri dan memperbaiki bangsa ini dalam mewujudkan islam yang sejuk dan cinta damai.

“Biarkan langkah kaki menapaki jejak para Kiai dan Alim Ulama Negeri ini. Tak banyak yang kita cita-citakan, selain meneladani Rasulullah dan mengabdi kepada Ilahi rabbi,” ujar Sarkawi.

Seperti kita ketahui, dimana hari santri tahun ini dengan mengambil tema “Santri Sehat, Indonesia Kuat, harus terus digaungkan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Santri harus menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan protokol kesehatan agar terhindar dari virus Covid-19.

“Seorang santri tentunya sudah paham, menghindar dari sebuah penyakit menjadi bagian dari ikhtiar yang dianjurkan dalam agama. Memakai masker, menjauhi kerumunan dan mencuci tangan sesering mungkin, menjadi bagian dari ikhtiar kita semua agar tidak terinfeksi Covid-19,” terangnya.

“Dihari yang berbahagia ini, saya ucapkan selamat hari Santri Nasional. “Santri Sehat, Indonesia Kuat,” demikian tambah Tgk.H. Sarkawi.

Selanjutnya Sekda Drs Haili Yoga, M.Si, juga menyapaikan perlu dipahami bahwasanya pondok pesantren yang melahirkan para santri dan santriwati telah menjadi garda terdepan untuk kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

Maka oleh sebab itu mengajak kepada para kalangan santri untuk menikmati kemerdekaan tersebut dengan kontribusi yang positif, memberikan sumbang saran dan memainkan peran dalam rangka pembangunan bangsa yang lebih bermartabat.

Berkaitan dengan hal ini tema Hari Santri Nasional 2020 “Santri Sehat, Indonesia Kuat,” yang diusung kali ini.

“Santri sehat tidak hanya dilihat dari sehat fisik dan jasmaninya saja, tetapi yang lebih penting daripada itu adalah santri harus sehat pikirannya, sehat karakternya dan harus sehat moral, karena itu akan menjadi dasar bagi seorang santri untuk melakukan hal-hal yang positif bagi negara ini.

Selain itu, Sekda berpesan kepada para santri yang sudah berkiprah di level legislatif, eksekutif dan yudikatif agar tetap memerankan diri sebagai seorang santri, karena itu sudah menjadi bagian dalam mengisi kemerdekaan. terang Haili Yoga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Bener Meriah, Sabaruddin, SE mengatakan untuk tahun ini pelaksanaan hari Santri tidak dilaksanakan secara formal, namun tetap kita peringati secara Nasional.

“Beberapa waktu lalu, sudah kita sepakati, hari santri akan digelar di masing-masing dayah. Hal ini, untuk menekan penyebaran Covid-19,” tandasnya.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News