by

Sekda Haili Yoga Buka Pelatihan Metode Pembelajaran Bagi Guru Dayah

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si membuka pelatihan dan pengembangan proses pembelajaran (Metode Mengajar) bagi guru-guru Dayah (Ustad dan Ustadzah) Se-Kabupaten Bener Meriah di Aula BLK Pante Raya, Wih Pesam. Rabu 21-10-2020.

Acara yang di selenggarakan oleh dinas pendidikan dayah, mengambil tema kita tingkatkan program pendidikan dayah, kegiatan yang bersumber dari dana otsus tahun anggaran 2020 tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak tanggal 21 hingga 23 Oktober 2020.

Pantauan dilapangan, sebelum memasuki ruang acara para peserta terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan suhu tubuh oleh petugas yang telah disiapkan dinas pendidikan dayah, dan juga kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan 3M.

Kadis pendidikan dayah Bener Meriah Sabarudin, SE dalam kesempatan itu menyampaikan, jumlah peserta yang ikut dalam pelatihan tersebut 56 orang peserta, mereka adalah Ustad dan Ustadzah dayah yang berasal dari dayah dan oasantren dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah. katanya.

Dikatakannya lagi, pemateri Dr. Joni MN, M.Pd.BI dari WAKA 1 Bidang Akademik STIT Aceh Tengah, dan Dr. Johansyah. Tujuan dari acara itu sendiri untuk meningkatkan program pendidikan Dayah dan kualitas pendidikan dayah, dan terwujudnya pelaksanaan syariat Islam sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dalam arahannya menyampaikan, bahwa Bupati titip salam kepada seluruh peserta dan berharap acara pelatihan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Dayah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki metode pengajaran yang khas dan berbeda dari sistem pendidikan umum, metode pengajarannya juga kurikulumnya umumnya diatur oleh masing-masing lembaga Dayah itu sendiri yang tetap mengacu kepada pokok ilmu–ilmu yang menjadi kajian di dalam pendidikan standar yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

“Tentunya kami sangat menyambut positif kegiatan pelatihan metode pengajaran untuk Dayah ini, agar dapat melahirkan ustad dan ustadzah yang berlian serta memiliki kapasitas keilmuan serta semangat dalam membangun agama dan Bangsa,” ucap Haili Yoga.

Lebih jauh dikatakan Haili Yoga,melalui pelatihan metode pengajaran Dayah ini, para guru Dayah diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan yang memiliki kompentensi unggul dalam menjawab tantangan kedepan, apalagi ini masa pandemi.

“Dimana metode pengajaran harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. Dengan adanya pelatihan belajar mengajar ini, selain menyamakan persepsi  sistem pengajaran Dayah di Bener Meriah juga sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan santri,” sebut Haili Yoga.

Dengan pelatihan metode pengajaran ini tentu memudahkan para pengajar untuk mengupayakan setiap kegiatan pembelajaran setiap kegiatan pembelajaran agar mencapai sistim pembelajaran secara rapid an sistematis. tutup Haili Yoga.

Turut dihadiri wakil ketua DPRK Bener Meriah, Staf Ahli Bupati, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah, perwakilan MPU, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah dan para Ustad dan Ustazah Se- Kabupaten Bener Meriah. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News