by

Forkopimda Plus Ikuti Rakornas Dengan Kemendagri Terkait Cuti Bersama dan Maulid Nabi

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili Asisten I Bener Meriah Drs. Mukhlis, ikuti Rakornas tentang cuti bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2020 di seluruh Indonesia juga Berner Meriah.

Dalam rapat tersebut bersama dengan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tito Karnavian, Menkopolhukam Mahfud MD, Kepala BNPB Doni Monardo secara Virtual di Aula Media Centre Kantor Bupati Bener Meriah. Kamis 22/10/2020.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan SOP terkait upaya mitigasi lonjakan kasus Covid-19 kepada para kepala daerah, meminta Gubernur, Bupati/Wali Kota untuk mengambil langkah antisipasi penyebarannya. selama pelaksanaan liburan dari Tanggal 28-30 oktober 2020 di masing-masing tempat.

Kemudian Menteri Dalam Negeri juga meminta agar Gubernur, Bupati, Wali Kota menghimbau masyarakatnya selama melaksanakan libur dan cuti bersama agar sedapat mungkin menghindari melakukan perjalanan dan tetap berkumpul bersama keluarga.

Disamping itu juga melakukan kegiatan dilingkungan masing-masing sambil menyiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi potensi bencana Hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor sesuai dengan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jelasnya.

Selain itu dalam menyambut dan pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dihimbau agar dilaksanakan di lingkungan masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan utamannya menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak serta tidak berkerumun untuk menghindari penularan Covid-19.

Sementara itu Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyampaikan, pihaknya terus melakukan sosialisasi di berbagai daerah terkait pentingnya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 agar libur panjang menjadi lebih aman dan nyaman.

“Kita tidak melarang masyarakat liburan, tetapi dengan memperhatikan protokol, hindari kerumunan. Kami meminta kepada seluruh penyelenggara wisata-wisata alam untuk membuat SOP maksimal hanya boleh 50 persen pengunjung di dalam area,” Terangnya.

Lebih lanjut, Doni Munardo mengatakan, pihaknya juga telah meminta Polri bekerja sama dengan Satpol PP di daerah-daerah untuk membantu mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 secara bersama. Sebutnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat mengurangi acara keluarga yang melibatkan banyak orang. Sebab, banyak kasus Covid-19 terjadi akibat pertemuan keluarga.

“Kami sangat berharap dengan semua komponen, terutama media, agar senantiasa menyampaikan pesan liburan yang aman dan nyaman tanpa kerumunan. Artinya apa, tanpa kumpul-kumpul, dengan begitu kasus bisa kita kendalikan,” pungkasnya.

Rakornas secara virtual melalui aplikasi zoom meeting tentang cuti bersama PNS tersebut juga di ikuti Menko Bidang PMK, Menag, Menaker, Menpan RB, Menparekrat, Panglima TNI, Kapolri dan Gubernur, Bupati, Wali Kota serta unsur Forkopimda se- Indonesia.

Termasuk Dandim 0119/BM Letkol. Inf Valyan Tatyunis, Kajari Simpang Tiga Redelong Agus Suroto. SH,MH, Waka Polres Kompol. Maryono, Wadanyon 114/SM Raider Khusus Mayor Inf. Ramelza Adha Putra, Kabag Humas dan Protokoler Hasyimi IB, SMK, M.Kes.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News