by

Matematika Tidak Seperti Yang Dibayangkan

 

Oleh: Mariana Syahfitri*

Katanya matematika adalah pelajaran yang sangat sulit bahkan menjadi momok yang sangat menyeramkan menurut sebagian orang. Ada juga yang beranggapan bahwa matematika itu tidak penting dan matematika itu hanya membahas tentang rumus-rumus dan angka-angka. Sehingga menurut sebagian orang itu matematika harus dihindari dan tidak perlu untuk dipelajari. Belajar matematika itu adalah suatu hal yang membosankan menurut sebagian orang. Benarkah dengandemikian?

Matematika adalah salah satu ilmu sains yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.Dimanakamu bisa menemukan matematika dimana saja. Bahkan keindahan alam ini tidak terlepas dari matematika. Bukan hanya itumatematika jugaberperan penting dalam kemajuan teknologi. Jadi, kalau ada yang beranggapan bahwa matematika itu hanya tentang rumus-rumus dan angka-angka adalah keliru. Karena matematika itu adalah ilmu yang sangat luas dan tentunya terdiri dari berbagai bidang yang bukan hanya membahas tentang kedua hal tersebut.

Benarkah belajar matematika itu adalahsuatu hal yang membosankan? Tentu saja tidak. Belajar matematika itu adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena dengan belajar matematika kamu bisa bereksplorasi sesuaidengan bidang masing-masing. Selain itu matematika juga memiliki keunikan yang tidak semua orang menyadari akan hal itu. Salah satu keunikannya adalah matematika memiliki banyak cara untuk menemukan hasil yang sama.

Bukan hanya itu matematika juga memiliki fakta-fakta menarik diantarannya adalah sebagai berikut.

Pertama, matematika itu sebenarnya indah dan menarik. Ketika kamu belajar matematika, kamu akan menemukan hal baru yang sebelumnya tidak kamu ketahui. Ada yang namanya variabel, angka-angka, bahkan rumus-rumus yang kamu belum tau digunakan untuk apa. Mungkin awalnya kamu pesimis sehingga berfikir bahwa itu sulit dan kamu tidak mampu untuk memahami bahkan menyelesaikan soal-soalnya. Tapi, coba ubah pesimis itu menjadi optimis, rasa penasaran yang besar, dan yakin pasti bisa. Dengan demikian kamu akan terus berlatih tanpa menyerah sehingga bisa memahami dan menyelesaikan soal-soal  yang sebelumnyakamu anggap sulit bahkan menjadi sebuah tantangan. Tanpa disadari kamu mampu untuk menyelesaikannya. Dan apabila kamu terbiasa untuk berlatih, mulai menyukai matematika, dan terbiasa dengan hal tersebut maka akan muncul ketertarikan untuk menyelesaikan tantangan selanjutnya.

Kedua, matematika itu logis. Dalam belajar matematika kamu akan menyelesaikan soal-soal yang tentunya menemukan jawaban yang benar sesuai dengan konsep matematikanya. Sehingga kamu berfikir logis dalam menyelesaikannya.

Ketiga, matematika selalu berhubungan dengan subyek lain. Dalam kehidupan sehari-hari tentu saja tidak terlepas dari matematika. Ketika belajar fisika, biologi, informatika, geografi, ekonomi, atau lainnya ada unsur matematika didalamnya. Bahkan dalam menghitung uang, membuat sebuah bangunan, ataupun hal lain yang kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari selalu berhubungan dengan matematika.

Keempat, matematika membuat segalanya menjadi mudah. Dengan belajar matematika kamu akan terlatih untuk berfikir logis bahkan kamu juga terlatih untuk menyelesaikan permasalahan yang kamu hadapi. Sehingga kamu tidak mudah untuk menyerah ketika menghadapi ujian-ujian yang lainnya.

Kelima, jurusan matematika memiliki banyak peluang karir. Dengan jurusan matematika kamu bukan hanya bisa menjadi seorang guru/ pendidik. Tapi bisa menjadi seorang pengusaha. Ataubisa juga menjadi seorang peneliti yang tentunya harus lebih mendalami lagi tentang matematika. Bukan hanya itukamu juga bisa menjadi seorang penulis dengan berbagi ilmu dan tentunya pengalaman ataupun motivasi yang kamu miliki. Bahkan kamu juga bisamenjadi seorang pembuat konten kreator seperti seorang youtuber yang tentunya membuat inovasi ataupun pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Selain fakta-fakta tersebut, matematika tentu memiliki manfaat yang sangat penting untuk sekarang dan masa depan kelak antara lain sebagai berikut:

Pertama, belajar matematika akan membentuk pola fikir sistematis. Dimana tanpa kamu sadari pembelajaran matematika akan membuat kamu berfikir dengan runut dan sistematis melalui berhitung, berlatih deret, berlatih mengerjakan soal-soal hots, ataupun yang lainnya. Dengan demikian akan memudahkan kamu dalam mengorganisasi segala sesuatu. Tentu saja hal ini sangat dibutuhkan untuk menjadi pemimpin dimasa depan.

Kedua, dengan belajar matematika logika berfikir akan lebih berkembang. Karena kamu sudah terbiasa dalam mengerjakan soal-soal matematika dengan perhitungan yang tepat dan logis serta tidak berasumsi atau menduga-duga jawaban, maka kamu juga akan terlatih untuk berfikir logis atau tidak mudah tertipu dengan hoax. Bahkan membuat kamu mudah dalam mengambil sebuah keputusan yang sudah difikirkan dengan matang serta membuat kamu akan berfikir sebelum bertindak atau mengerjakan suatu hal.

Ketiga, terlatih berhitung. Dengan berlatih dalam menyelesaikan soal-soal matematika, secara kamu sadari juga melatih kemampuanmu dalam berhitung. Yang tentunya akan membuat kamu menjadi lebih mudah dan lebih cepat dalam perhitungan sehingga tidak terbiasa lagi untuk menggunakan kalkulator dalam perhitungan yang mendasar.

Keempat, mampu menarik kesimpulan secara deduktif. Dengan belajar matematika juga memudahkan kamu dalam menarik kesimpulan pola umum yang akan membuat kamu selalu berfikir secara objektif. Bahkan dengan berlatih mengerjakan soal-soal logika matematika yang berbentuk penalaran, kamu akan terbiasa untuk berfikir rasional.

Kelima, dengan belajar matematika akan membuat kamu menjadi teliti, tekun, dan sabar.Apabila kamu sudah terbiasa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, tanpa kamu sadari kamu sudah terlatih untuk tetap teliti dalam mengerjakan suatu hal, tekun dalam belajar, dan tetap sabar menghadapi ujian.

Oleh sebab itu, matematika adalah ilmu yang sangat penting dan kamu harus terbiasa untuk berlatih dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Ubahlah cara pandangmu terhadap matematika dan teruslah berfikir positif serta optimis. Karena matematika bukanlah momok yang harus kamu hindari tapi matematika adalah salah satu bagian terpenting dalam hidupmu yang menyenangkan.

*Mahasiswi asal Aceh Singkil

Comments

comments

News