by

Jurus Meramal Umur Dengan Matematika

Oleh : Darmawan Masri, S. Pd*

Pada tulisan sebelumnya pernah disinggung bagaimana cara Menyenangkan Taklukan Matematika. Tentu saja tidak mudah membuat seorang anak menyenangi Matematika seperti yang kita harapkan, pelajaran ini sangat identik dengan angka minsalnya seperti bilangan cacah yang dimulai dari {0,1,2,3,4,5,6,7,8,9} , sekilas kita menganggap mudah terhadap semua bilangan ini, akan tetapi bila dikaji lebih jauh ke-10 bilangan ini yang merupakan kunci dasar dalam matematika mempunyai karakteristik tersendiri, sehingga mengakibatkan akan banyak sekali angka yang dapat disusun dari bilangan-bilangan tersebut, sehingga membuat para pembaca akan menjadi sulit menterjemahkan angka-angka tersebut, apalagi angka-angka itu sudah diterjemahkan kedalam bentuk variable atau bilangan pecahan.

Bagaimana cara membuat matematika menjadi menyenangkan?

Sebenarnya sangat banyak cara membuat Matematika itu menyenangkan, seorang guru seharusnya mempunyai trik tersendiri agar guru tersebut disenangi apabila ada didepan kelas, seorang guru Matematika tidak hanya dibebankan kepada ketuntasan kurikulum semata, yang membuat pelajaran ini akan menjadi sangat membosankan. Jawabannya adalahĀ  seorang guru harus mempunyai jurus lain yang berkaitan dengan pelajaran Matematika itu, katakan saja permainan yang dapat memacu daya Intelegensi dan kesenangan anak terhadap pelajaran menghitung ini. Sehingga seorang guru itu menjadi primadona bagi siswanya dan merasa kehilangan apabila guru itu tidak masuk saat jam pelajarannya.

Berikut salah satu permainan dari banyak permainan yang dapat melatih kecerdasan serta Intelegensi anak dengan menggunakan Matematika, tulisan ini juga bisa menjadikan acuan kepada orang tua si-murid untuk dapat menyenangi pelajaran ini.

Saya bermulai dari angka-9, angka ini mempunyai karakteristik tersendiri sehingga banyak cara yang dapat kita buat dengan menggunakan angka ini termasuk ā€œJurus Meramal Umur yang Sangat Hebatā€

Mari kita lihat langkahnya : AdaĀ  beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan jurus ini, berikut ini adalah satu cara yang sangat menakjubkan.

Pertama-tama,Ā  harus tersedia kalkulator agar orang yang kamu uji umurnya akan mudah menghitung angka sesuai yang kamu arahkan. Kemudian, mintalah orang tersebut untuk menuliskan sembarang bilangan, seperti 827 atau 93.661 tidak peduli berapa pun besarnya bilangan asalakan kalkulatormu bisa memuat hasil perkalian. Kamu tidak diperbolehkan melihat bilangan yang ditulis, tetapi pastikan orang itu menunjukkan kepada orang lain, atau kamu bisa membalikkan badan atau, menggunakan penutup mata.

Berikutnya mintalah orang tersebut menjumlahkan angka-angka bilangan yang telah dipilihnya, di luar kepala, atau menggunakan kalkulator yang telah kamu berikan. Minsalnya, jika bilangan yang dipilih 6.805 sehingga jumlah seluruh angkanya adalah 19 (6+8+0+5). Kemudian, mintalah orang tersebut untuk mengurangi 6.805 dengan penjumlahan yang telah diperoleh dalam hal ini adalah 19. Sehingga menghasilkan 6.805 ā€“ 19 = 6.786. kamu, tentu saja tidak diperkenankan melihat hasil perhitungan bilangan-bilangan tersebut.

Pada tahap ini, mintalah orang tersebut menambahkan umurnya dengan hasil pengurangan tersebut. Jika umur orang itu 42, maka dia akan menghitung atau menjumlahkan 6.786 + 42 = 6.828. Kemudian, mintalah orang tersebut membacakanĀ  hasil penjumlahan secara acak. Jadi, pada contoh tersebut, dia mungkin akan membaca 2, 8, 6, 8 (atau urutan yang lainnya). Langkah yang harus kamu lakukan adalah menambahkan angka-angka bilangan itu diluar kepala. Pada contoh ini kamu akan mendapatkan hasil 24 (2+8+6+8).

Akhirnya, tambahkan atau kurangi hasil tersebut dengan 9 atau kelipatan 9 sampai kamu menemukan hasil yang cocok dengan untuk orang tersebut. Pada contoh ini minsalnya kamu akan menambahkan 9 dengan 24 sehingga menghasilkan 33. Kemudian bertanyalah pada dirimu sendiri Apakah orang yang aku tunjuk kira-kira berumur 33 tahun atau haruskah saya menambah 9 tahun lagi?. MungkinĀ  orang yang kamu tunjuk masih remaja dan tak mungkin umurnya adalah 33, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengurangi 24 -9 = 15 tahun sebagai umur orang tersebut.

Singkatnya, kamu harus memilih orang yang umurnya bisa kamu taksir dengan kelipatan 9 tahun. Jika ragu-ragu, ingatlah ketika kamu menebak umur orang tersebut 9 tahun terlalu tua sehingga orang tersebut akan kelihatan agak malu dan tersinggung. Jadi, kamu lebih baik menebak umur 9 tahun lebih muda. Jika kamu salah, orang tersebut akan merasa sangat tersanjung sehingga dia akan tidak peduli dengan ketidaktepatanmu. Kemudian, secara sederhana berilah tebakan yang kedua dengan 9 tahun lebih tua.

Apa yang mengesankan dari jurus ini adalah dengan segera kamu akan mengetahui umurnya. Apa yang penonton tidak sadari adalah kamu telah, mengatur keadaan dengan meminta orang yang kamu pilih mengurangi bilangan yang dipilihnya dengan jumlah dari bilangan tersebut.

Ringkasan Langkah-langkahnya :

  1. Mintalah orang yang kamu pilih menuliskan bilangan bulat sesuai keinginannya.
  2. Mintalah orang tersebut menambahkan angka-angka dari bilangan tersebut.
  3. Mintalah orang tersebut untuk mengurangi bilangan yang dipilih dengan jumlah angka-angka dari bilangan tersebut.
  4. Mintalah orang tersebut untuk menambahkan umur sebenarnya dengan hasil pengurangan tersebut.
  5. Mintalah orang tersebut membacakan hasil langkah ke-4 dengan keras dan secara acak. Tambahkan angka-angka tersebut diluar kepala anda.
  6. Kemudian tambahkan atau kurangi bilangan tersebut dengan kelipatan 9, minsalnya 9, 18, 27, dan seterusnya sampai kamu kira-kira mendapatkan umur yang tepat.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para guru dan orang tua murid dalam meramu dan meningkatkan kecerdasan intelegensi seorang anak, dan yang paling penting adalah bagaimana cara kita semua untuk menunjang pemahaman dan ketertarikannya dengan Matematika. Terima kasih.

 

*) Guru Honorer di Takengen

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.