by

Santri Nurul Huda dan Masyarakat Belajar Mengurus Jenazah

Atulintang |Lintasgayo.com– Santri Dayah Nurul Huda, Atu Lintang, Aceh Tengah,  bersama beberapa masyarakat sekitar  lokasi dayah , melaksanakan praktek tata cara mengurus jenazah. Kegiatan ini dilaksanakan di Musholla Dayah Nurul Huda,  Minggu (03/01/2021), desa Damar Mulyo kecamatan Atu lintang

Kegiatan ini dilaksanakan dan dipimpin langsung oleh Tgk Sukarno, selalu pimpinan Dayah Nurul Huda.

” Praktek penanganan jenazah dilakukan supaya para santri dan juga masyarakat yang dapat hadir,  dapat memahami lebih mendalam bagaimana cara-cara dalam pengurusan jenaza,” ucap Tgk Sukarno, di sela sela kegiatan ini kepada media ini.

Pimpinan Dayah ini menerangkan dan memperaktekan bagaimana tata cara mengurus jenazah dari awal hingga jenazah dikuburkan.

Dalam praktek jenazah ini, alatnya sederhana, boneka ukuran relatif besar. Kapas, timba air,gayung dan juga kain putih kafan, serta keperluan pengurusan jenazah  yang khusus dibeli dalam praktek ini.

Walaupun cuaca hujan yang kurang mendukung, namun beberapa masyarakat dari beberapa kampung tetap berdatangan untuk mengikuti kegiatan tersebut.  Rasa ingin tahu santri dan masyarakat untuk menangani jenazah terlihat ketika mereka mengikuti praktek.

Sebelum dilakukannya praktek pengurusan jenazah, mereka terlebih dahulu sudah dibekali oleh pimpinan dayah untuk menghafal beberapa do’a yang diperlukan dalam pengurusan jenazah.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 hari dari  sejak pagi hingga selesai. pukul 08.30 wib hingga selesai. Menurut pimpinan dayah ini para peserta yang mengikuti praktek penangangan jenazah sudah memahami bagaimana mengurus mayat secara Islam. ( Alif Mujtaba/ Santri Dayah Nurul Huda Atu Lintang)

 

 

Comments

comments