by

Dibantu Masyarakat, TNI Bersihkan Material Bekas Longsor di Tembolon Syiah Utama

Dibantu masyarakat, prajurit TNI dari Koramil/01 Bandar membersihkan bekas longsor di jalan milik provinsi Aceh tepatnya di Desa Tembolon,kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah. Foto direkam pada Senin (18/01/21).

Redelong| Lintasgayo.com – Longsor yang kembali terjadi dan menutup badan jalan sehingga akses jalan lumpuh total di Desa Tembolon, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah pada senin 18/01/2021 Pagi kemaren.

Anggota Koramil 01/Bandar berjumlah 20 orang bersama masyarakat Desa Tembolon melaksanakan pembersihan material longsor di badan jalan dengan menggunakan alat tradisional untuk membantu masyarakat yang ingin melintas ke kebun.

Komandan Kodim 0119/BM Letnan Kolonel Inf Valyan Tatyunis membenarkan longsor yang terjadi di Desa tembolon akibat curah hujan yg cukup lama dlm kurun wkt bberapa hari dan cukup deras yang mengguyur daerah ketinggian gayo tesebut.

“Saya sampaikan kepada setiap Koramil Jajaran Kodim 0119/BM selalu siap dalam menghadapi Bencana alam dan saya sampaikan kpd Danramil 01/Bandar untuk segera menuju lokasi kejadian guna mengamankan lokasi dan segera membantu membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan tsb bersama warga,” perintah Dandim.

Komandan pembinaan teritorial di kabupaten berhawa sejuk ini juga mengaku sudah berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah dalam penanganan longsor ini.

Saat ini, (kemarin: red), lanjut Dandim, anggota Koramil 01/Bandar bersama warga dan 1 unit alat berat milik BPBD sedang membersihkan material longsor yang menutupi badan akses jalan Provinsi tersebut.

“Kita upayakan semaksimal mungkin jalan tersebut dapat kembali dilintasi oleh kendaraan agar masyarakat dapat berkebun dan berbelanja kebutuhan pokok sehari hari,” tegas Dandim

“1 unit alat berat juga kembali di datangkan lagi dari BPBD, kalau hari ini pembersihan material dan pembuatan aliran air tidak selesai, akan kita lanjutkan keesokan harinya untuk membuka kembali akses jalan tersebut,” jelasnya.

Dandim berpesan kepada pengendara dan masyarakat sekitar selalu berhati hati, sebab bila hujan deras kembali mengguyur tidak menutup kemungkinan longsor susulan akan terjadi kembali. (LG03)

Comments

comments