by

Festival Kebudayaan Gayo dan Rangkaian Kegiatan

Takengon | lintasgayo.com – Persipan dan Pelaksanaan Meting kegiatan Festival Kebudayaan Gayo yang berlangsung di Mess Time Ruang Kemili Aceh Tengah tepatnya Alula Mesium Gayo  Selasa (17/5) di hadiri para seniman dan perwakilan Sekolah berbagai tingkatan yang ada di Aceh Tengah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah Drs. Uswatuddin, MAP melalu Kepala Bidang Kebudayaan Mahdi, S.Pd dalam pembukaan kegiatan meting tersebut mengajak para pelaku kebudayaan untuk melestarikan budaya Gayo.

Selain membahas masalah teknis festival Kebudayaan Gayo yang berlangsung dari 23 hingga 28 Mei 2022 yang di pusatkan di Mesium Gayo, kegiatan ini juga membahas komunitas budaya agar dapat mendapatkan legalitas.

” Kita berharap kiranya komunitas Budaya yang ada di dataran tinggi Gayo memilikinya legalitas berkekuatan hukum tetap” Ujar Badi sapaannya.

Kegiatan Festival Budaya Gayo ini juga bertujuan menunjang persiapan kontingen Aceh Tengah dalam menyambut Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan berlangsung tahun mendatang, ungkapnya.

Sebelumnya di beritakan bahwasanya kegiatan Festival Kebudayaan Gayo yang di laksanakan pada tanggal 23 sampai dengan 28 Mei mendatang akan diadakan beberapa rangkaian acara mulai pendaftaran yang dibuka sejak 20 April 2022.

Adapun aneka lomba yang akan digelar, diantaranya Festival Didong antar kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tengah, rencananya akan digelar 23 Mei 2022.

Cerdas cermat tingkat Siswa SMA/MA dan SMK se Aceh Tengah, acara ini akan digelar pada 24 Mei 2022. Festival busana adat tradisional Gayo untuk umum akan dihelat pada 26 Mei 2022.

Lomba bercerita tingkat SMP/MTs akan dihelat pada 25 Mei 2022. Teater tingkat umum se Kabupaten Aceh Tengah akan dimulai pada 27 Mei 2022.

Sementara, permainan olahraga tradisional tingkat SMP/MTs akan dihelat pada 28 Mei 2022. Belajar bersama di Museum tentang alat musik tradisional Gayo, Canang Gegedem dan Seruling.

Terakhir adalah pameran temporer tentang pelestarian sejarah dan nilai nilai Budaya Gayo. Semua kegiatan itu dipusatkan di UPTD Museum Negeri Gayo. (Zan.KG/LG010)

Comments

comments