by

KIK Mampu Menjadi Agen Informasi Utama Kampung

Takengon | lintasgayo.com – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar membuka dengan resmi kegiatan Penguatan Kelompok Informasi Kampung (KIK) di Kabupaten Aceh Tengah, bertempat di Aula Meeting Room Hotel Parkside Gayo Petro Takengon, Kamis (02/05).

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Kominfo dan Persandian Aceh tersebut, diikuti oleh 30 Reje Kampung atau pengelola KIK yang merupakan binaan dan mitra kerja dari Dinas Kominfo Kabupaten Aceh Tengah.

Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh, Marwan Nusuf dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan penguatan KIK pada kesempatan itu ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, serta kearifan para pengelola informasi kampung dalam upaya mendorong berkembangnya motivasi masyarakat.

Dikatakannya, bila KIK disetiap kampung dikelola dengan baik, akan mampu memaksimalkan potensi kampung dan memberikan nilai tambah bagi warganya karena akses informasi yang terbuka dan diketahui masyarakat luar dengan baik.

“Program atau kegiatan penguatan KIK yang diselenggarakan pada hari ini merupakan upaya untuk mewujudkan KIK menjadi simpul informasi dipedesaan dalam memamerkan potensi daerah dan produk unggulan industri rumah tangga,” ujar Marwan.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah sesaat sebelum membuka acara tersebut mengatakan bahwa KIK berperan penting dan sentral sebagai mitra pemerintah dalam mengelola arus komunikasi dan informasi serta menjadi mediator aspirasi masyarakat.

Menurut Shabela, kelompok informasi kampung dewasa ini sangat dibutuhkan, terutama sekali dalam menyampaikan informasi yang baik dan positif bagi masyarakat, serta menyebarkan promosi keunggulan daerah masing-masing. Dia melihat bahwa penguatan KIK secara berkesinambungan dirasa penting untuk dilakukan secara terus menerus guna menyesuaikan kebutuhan kemajuan jaman.

Maka dari itu, Orang nomor satu di Kabupaten Aceh Tengah tersebut berharap, melalui kegiatan penguatan KIK yang dilakukan pada hari itu, akan dapat menjadikan KIK menjadi lebih memahami dalam memanfaatkan teknologi yang ada semaksimal mungkin, serta dapat berinovasi menghasilkan informasi-informasi yang lebih menarik dan bermanfaat.

“Setelah ikutnya saudara dalam kegiatan penguatan bagi KIK ini, kami berharap kita semua dapat lebih mengembangkan kemampuan diri, potensi wilayah serta pemaksimalan digitalisasi dalam kaitannya dengan peningkatan sumber daya BUMK serta promosi produk UMKM,” harap Shabela.

Melalui kesempatan itu, Bupati Shabela mengingatkan kepada para peserta terutama Reje Kampung agar dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan penguatan KIK ini dengan baik sehingga nantinya dapat memberikan pengaruh positif bagi perwujudan KIK yang berdaya, mandiri, dan mampu mengatasi permasalahan dimasyarakat terutama sekali sebagai agen informasi maupun dalam mengembangkan potensi daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Rel/Santon)

Comments

comments