by

Shabela Hadiri Milad IPPEMATA, Ajak Mahasiswa Tanamkan Budaya Sumang

Banda Aceh | Lintasgayo.com – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar, mengunjungi mahasiswa Takengon di Banda Aceh dalam acara Milad ke-17 Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Aceh Tengah (IPPEMATA) di Gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh, Minggu (03/07/22).

Banner

Turut hadir dalam acara ini Gubernur Aceh yang dieakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Keistimewaan, SDM, Dan Kerja Sama, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Aceh Tengah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tengah, serta Kadis Perdagangan Aceh Tengah.

Acara milad juga dirangkaikan dengan pembukaan Gebyar Seni Gayo yang bertujuan untuk melestarikan budaya Gayo walaupun berada di perantauan.

Acara milad yang mengusung tema “Kuet Edet Muperala Agama, Rengang Edet Benasa Nahma” ditandai dengan memotong tumpeng oleh Bupati Shabela yang diterima oleh Ketua IPPEMATA sebagai perwakilan pemuda pelajar mahasiswa Aceh Tengah.

Dalam sambutannya, Bupati Shabela menyampaikan pesan kepada pemuda pelajar serta mahasiswa Aceh Tengah layaknya seorang ayah berpesan kepada anaknya.

“Kepada para pemuda pelajar dan mahasiswa, tetaplah menjunjung tinggi adat istiadat gayo, sopan santun dan nama baik daerah gayo, namun dalam kondisi demi menegakkan nama baik tidak ada salahnya jika harus berkorban demi sebuah kehormatan,” pesan Bupati Shabela.

Acara ini diisi dengan tarian, musikalisasi puisi, bahkan didong yang semuanya dibawa oleh pemuda, pelajar, dan mahasiswa Gayo yang berada di Banda Aceh.

Bupati Shabela juga menekankan bahwa “Sumang” dalam budaya Gayo bernilai penting untuk memagari kehidupan dalam masyarakat Gayo.

Dalam menutup sambutannya, Bupati Shabela mengajak seluruh generasi khususnya pemuda pemudi Gayo untuk mempertahankan seni dan budaya Gayo.

“Bila seni dan budaya masih mengakar dengan kokoh maka menunjukkan karakter bangsa itu masih kuat. Akhirnya, kami ucapkan selamat mengikuti pagelaran seni dan budaya Gayo ini kepada kita semua,” tutur Bupati Shabela diujung sambutannya. (*)

Fazri Gayo

Comments

comments