by

Remaja Masjid Agung Ruhama Takengon Persiapkan Kader

Takengon|Lintasgayo.com– Remaja Masjid Agung Ruhama Takengon mengelar pelatihan rekrutmen anggota baru. Pelatihan berlangsung selama tiga hari, dimana para pelajar SLTP dan SLTA di seputaran Kota Takengon ditempa untuk menjadi generasi islami yang memakmurkan masjid.

Pelatihanya dipusatkan di Pesantren Darussaadah Kampung Uring Kecamatan Pegasing. Lokasi ini dipilih panitia sama seperti tahun sebelumnya, karena kawasan ini sepi dan berada di desa, sehingga tidak menganggu kenyaman peserta dalam mengikuti rekrutmen.

“Ada 60 kader remaja masjid yang mengikuti pelatihan ini. Sementara pematerinya juga para tengku yang ahli dibidangnya serta sejumlah alumni ketua pengurus remaja masjid,” sebut Fauzan Hanif, Spd, ketua Remaja Masjid Agung Ruhama Takengon, kepada media ini, Selasa (2/11/2022).

Para kader remaja masjid ini dibekali pelatihan selama tiga hari sejak 28 Oktober sampai 30 Oktober lalu. Kegiatanya full, dari pagi hingga malam. Bahkan para peserta dipertengahan malam dibangunkan untuk shalat malam.

Kemudian istirahat sebentar dilanjutkan dengan shalat subuh, kajian subuh dilanjutkan dengan mengaji bersama. Shalat duha, kemudian masuk materi tentang akidah, fiqih, tentang organisasi, yang pada intinya menempa mental mereka untuk memakmurkan masjid.

“Membiasakan para remaja untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah, melakukan perbuatan baik, terhindar dari maksiat, menjadi generasi Islam yang memakmurkan masjid,” sebut Fauzan.

Para pemateri juga sengaja dipilih yang mengerti tentang masjid, mereka merupakan alumni ketua, pengurus masjid Agung Ruhama dan para tengku yang ahli dibidangnya.

Ada ust, Jahirim Tumanggor, S. Sos, Sekretaris Umum BKPRMI DPD Aceh Tengah. Ketua pertama Remaja Masjid Agung Ruhama, Bahtiar Gayo, yang juga merupakan wartawan senior di Aceh. Arie Syahputra,  S. Sos, M. Pd dari Dinas Sosial yang juga merupakan alumni Remaja Masjid, serta  Tgk. Afrizal, S. H, M. Pd, pimpinan Dayah LPI Al Muhajirin.

“Semoga dengan adanya rekrutmen remaja masjid ini, mereka dapat menjadi generasi yang tangguh dalam memakmurkan masjid. Kita dukung kegiatan mereka sepenuhnya, karena kita juga dulunya penggerak perdana remaja masjid,” sebut Tgk. Azhar, ketua pengurus Masjid Agung Ruhama.

Tgk. Azhar dalam keteranganya kepada media ini menyebutkan, kegiatan rekrutmen anggota remaja masjid merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan, tujuanya agar kader remaja masjid tetap ada yang memakmurkan masjid. ***  (Awan Syifa)

 

Comments

comments