by

Treasury Goes To School KPPN Takengon, Saatnya Generasi Muda Kawal APBN

Takengon | Lintasgayo.com – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan yang ke 19 yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2023, KPPN Takengon melaksanakan kegiatan Treasury Goes To School di SMKN 1 Takengon. Dipimpin langsung oleh Kepala KPPN Takengon, Albert Imanuel Ginting, juga turut mengikutsertakan satker Rutan Takengon, Badan Pusat Statistik Kabupaten Aceh Tengah dan Kantor Imigrasi Takengon. Kamis, 9/3/2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sejak dini kepada para siswa/i SMKN 1 Takengon sebagai para penerus bangsa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan meningkatkan minat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan memperkenalkan sekolah-sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Sesuai dengan tema acara : “saatnya generasi muda kawal APBN”, diharapkan generasi muda saat ini tidak buta tentang APBN dan mengetahui dari mana sumber pembiayaan di Indonesia dalam menjalankan roda pemerintahan, bagaimana pengelolaannya serta digunakan untuk apa saja.

Acara tersebut dimulai dengan materi pengenalan APBN yang disampaikan oleh Miftah Nasution selaku Kepala Seksi Bank KPPN Takengon untuk mendapatkan pengenalan tentang seluk beluk APBN antara lain tentang pencairan dana desa dan dana alokasi khusus fisik di Kabupaten Aceh Tengah dan kabupaten Bener meriah. Selanjutnya kepala KPPN Takengon menyampaikan materi tentang Kementerian Keuangan, KPPN dan Intress (Indonesia Treasury) agar para siswa/i mendapatkan pemahaman terkait instansi apa saja yang ada di Kementerian Keuangan, tugas dan fungsi KPPN serta makna dari Intress itu sendiri.

Pada materi terakhir disampaikan pengenalan sekolah kedinasan oleh narasumber langsung dari masing-masing instansi yang hadir yaitu Kusni Rohani Rumahorbo (BPS Kabupaten Aceh Tengah), Husni (Rumah Tahanan Takengon), Erwan Budiawan (Kantor Imigrasi Takengon) dan Ghulam Aly (KPPN Takengon). Para siswa/i terlihat sangat antusias sekali dalam mendengarkan sesi ini dan secara keseluruhan sangat berminat untuk bergabung dengan kementerian /lembaga yang ada pada pemerintahan Indonesia. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, ke depannya KPPN Takengon akan membuka kesempatan kepada para siswa/i untuk mendapatkan bimbingan belajar terkait ujian masuk sekolah kedinasan dan perguruan tinggi lainnya secara gratis.

Pada akhir acara, panitia kegiatan dari KPPN Takengon membagi-bagikan hadiah dan souvenir kepada para siswa/i SMKN 1 Takengon. (*)

Comments

comments