by

Wakili Ketua DPRK Aceh Tengah Fauzan Hadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

Takengon | lintasgayo.com – Dalam rangka mengurangi dampak yang ditimbulkan terhadap bencana alam, maka perlu antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan, untuk itu pihak Kodim 0106/Ateng menggelar apel kesiapsiagaan dan latihan penanggulangan bencana alam Kodim 0106/Aceh Tengah Tahun Anggaran 2023, bertempat di Lapangan Desa Simpang Kelaping Kec. Pegasing, Rabu (31/05/2023).

Seperti diketahui kegiatan ini sebagai bentuk upaya TNI untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam serta menekan kerugian baik korban jiwa dan harta benda akibat dari bencana alam.

“Kegiatan latihan penanggulangan bencana alam sebagai bagian dari program pembinaan masyarakat tanggap bencana yang dilaksanakan secara terintegrasi dan bersinergi dengan unsur-unsur pemerintah daerah dan instansi-instansi terkait di wilayah sangat tergantung terhadap kepekaan dan kesiapsiagaan kerawanan wilayahnya terhadap bencana alam dan mensiapsiagakan personilnya beserta instansi terkait serta seluruh unsur-unsur masyarakat dalam mencegah dan menghadapi potensi bencana alam”, ujar Dandim 0106/Aceh Tengah Kurniawan Agung Sancoyo saat memimpin Apel dimaksud.

Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan sinergitas antar pihak terkait dalam menghadapi bencana alam. “Dengan adanya kegiatan latihan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan integrasi dan sinergitas antara TNI/Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat khususnya di Kabupaten Aceh Tengah dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi”, imbuhnya.

Secara terpisah Pj. Bupati Aceh Tengah yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, M. Thamrin Elashri Mohd. Ali, SE, M.AP yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengapresiasi inisiatif TNI atas kepedulian penanganan bencana di Kabupaten Aceh Tengah sebab menurutnya bencana alam kerap terjadi.

 

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI, dalam hal ini Kodim 0106/Aceh Tengah yang peduli terhadap penanganan bencana di Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan ini sangat penting dilakukan mengingat di Aceh Tengah kerap terjadi bencana alam seperti longsor, banjir, serta kebakaran”, kata Thamrin.

Selain itu, Thamrin mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga alam sekitar.

“Melalui momentum yang baik ini Kami mengajak masyarakat agar dapat menjaga lingkungan dari kebakaran lahan maupun bencana alam lain yang mungkin timbul”. Tutupnya. (Rel/Pining/LG)

Banner

Comments

comments