by

Hari Kedua PKA Pengunjung Padati Anjungan Aceh Tengah

Banda Aceh | Lintasgayo.com– Memasuki hari kedua perhelatan akbar budaya di Provinsi Aceh dalam event Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, anjungan Kabupaten Aceh Tengah  dipadati pengunjung.

Para pengunjung ingin melihat dari dekat apa yang disuguhkan Aceh Tengah, baik berupa benda budaya, kerajinan tangan, rempah dan berbagai barang pusaka yang dipamerkan. Nuansa padat dikunjungi terlihat, Minggu (5/11/2023) malam.

Penanggung jawab anjungan Kabupaten Aceh Tengah, PJ kepala Disdikbun Aceh Tengah H. Harun Manzola, SE, MM, dalam penjelasanya menyebutkan, malam kedua terlihat lebih ramai pengunjung yang hadir ke anjungan, apalagi, menurutnya, lantai pertama di juga di buka.

“Hari kedua ini lebih ramai, meskipun kemarin juga sudah dibuka dan ramai, namun hari ini lebih padat lagi, karena anjungan di lantai dua sudah di buka,” ucapnya.

Untuk dilantai dua, Harun  menjelaskan jika pengunjung disuguhkan dengan berbagai aneka macam rempah yang dihasilkan di Aceh Tengah.

“Aceh Tengah terkenal sebagai daerah penghasil kopi arabika, kopi rebust lawang (cengkeh-red), getah pinus dan berbagai rempah lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Harun di anjungan Aceh Tengah didisplay berbagai pemandangan alam yang ada di Negeri Diatas Awan . Ada juga peninggalan benda bersejarah, pelaminan, baju adat pengantin dan kamar tidur pengantin sebagai edukasi bagi generasi muda.

“Anak-anak muda harus tahu peninggalan indatu yang diwariskan kepada kita, dan inilah waktu yang tepat untuk mereka mengetahui hal itu,” jelas  H. Harun Manzola, SE, MM, (Khosi NT)

Comments

comments