Tari Saman, Favorit di International Etnic Festival

Ā 

Ā 

Yogyakarta | Lintas Gayo ā€“ Tari Saman ikut ambil bagian mengisi acara tahunan International Etnic Festival bersama sejumlah tarian lainnya dari beberapa provinsi Indonesia di monumen serangan umum 1 Maret Yogyakarta, Jumā€™at (22/06/2012).

Tari Saman Gayo yang dimainkan Ikatan Mahasiswa Gayo Lues Yogyakarta (IMAGAYO) tampil memukau menghibur ratusan penonton yang hadir. Selain tari Saman, tari Tor-tor asal Sumatera Utara yang akhir-akhir ini hangat diperbincangkan, juga mengisi kegiatan ini. Ada juga kebudayaan asing seperti Spanyol dan Belandayang juga ambil bagian untuk menghibur penonton.

Ketua umum Taman Pelajar Aceh, Syarifuddin menyatakan, merupakan suatu kehormatan bagi mahasiswa asal Aceh dipercayakan mengisi sejumlah event kebudayaan di Yogyakarta.

ā€œIni merupakan penghormatan bagi kami mahasiswa Aceh, dalam beberapa bulan kedepan mahasiswa Aceh banyak diundang uaantuk mengisi event kebudayaan di Yogyakarta, sebelumnya mahasiswa Aceh juga dipercaya mengisi kegiatan Bulan Bung Karno dengan menampilkan tari Ratuk Duek, dan pada tanggal 2 dan 7 Juli 2012 mendatang kami juga di undang mengikuti sejumlah kegiatan, tari Rafaā€™i Pasee dan Didong telah kami daftarkan mengisikegiatan ituā€, ujar Syarifuddin.

Dalam kegiatan International Etnic Festival disaksikan selain maahasiwa dan masyarakat Yogyakarta, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang ikut menyaksikan pertunjukan tari Saman, dikarenakan lokasi acara berada di jantung kota Jogj, tepatnya di nol kilometer Malioboro yogyakarta.

Andy wisatawan asal Jakarta menyatakan, dirinya sangat terhibur penampilan tari Saman. ā€œTari Saman membuat saya terkesima melihatnya, tidak sia-sia saya dan kawan-kawan berlibur kemari, ternyata dalam event ini tari Saman bisa saya saksikan secara langsungā€, kata Andy yang mengaku baru pertama kali melihat pertunjukkan tari Saman Gayo yang sesungguhnya. (SP/Red. 06)

Ā 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.