by

Kini “lintasgayo.com” bukan lovegayo.com

Situs berita Gayo dengan alamat lovegayo.com berdiri pada 17 Oktober 2010 lalu, yang diprakarsai oleh sejumlah admin dan member pages facebook I LOVE GAYO (www.facebook.com/Gayoku) yang telah eksis terlebih dahulu sejak 29 Maret 2009.

Tujuan didirikannya situs berita yang disepakati saat itu beralamat www.lovegayo.com diantaranya untuk mengumpulkan data tentang Gayo sebanyak-banyaknya, wadah silaturrahmi dan pemersatu Urang Gayo dimanapun berada, menginformasikan kondisi kekinian Gayo, serta merangsang munculnya penulis-penulis dan wartawan dari Tanoh Gayo umumnya.

Seiring berjalannya waktu media online ini ternyata cukup digemari terutama yang bagi Urang Gayo yang merantau disejumlah belahan dunia. Mereka dengan leluasa bisa mengakses berita dari daerah asal mereka, dan semakin banyak respon dari pembaca yang mengirimi artikel, opini, pandangan tentang Gayo untuk dimuat di website ini.

Bahkan sejumlah pengelola berita di Aceh dan di Indonesia (cetak dan online) mulai melirik dan bahkan tertarik membangun kerjasama dengan redaksi lovegayo dalam hal pemberitaan.

Beberapa masukkan kemudian diterima oleh pengelola situs lovegayo mengenai penamaan atau alamat website lovegayo. Disini banyak pendapat yang berbeda-beda dari kalangan pembaca yang fanatic terhadap Gayo maupun dari pengamat atau individu yang biasa bergelut dalam pemberitaan bahwa kata love kurang cocok dipakai menjadi nama sebuah media.

Selain love ini dalam bahasa Inggris adalah “cinta” dan Gayo adalah nama salah satu suku bangsa yang hidup di sejumlah tempat di Aceh (Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang).

Kata love memang tidak asing didengar oleh telinga siapa saja, tetapi banyaknya yang berpandangan berbeda tentang love yang diartikan cinta. Kemudian love dirangkai dengan Gayo, ternyata oleh orang asing ada yang beranggapan Gayo itu identik dengan Gay dimana dalam bahasa Inggris adalah bahasa yang kotor. Akibatnya dalam pencarian di google search engine google bahwa gay ini sangatlah tidak pantas, apalagi dihubungkan dengan kata love.  Dan Lovegayo bisa disalahartikan dan dihubung-hubungkan dengan kaum Gay.

Buktinya, selama hampir setahun situs berita lovegayo.com berjalan, sudah dua kali situs kita disuspend akibat penamaan lovegayo ini. Sangat mungkin dimasukkan dalam kategori website XXX. Selain itu beberapa pendapat dan masukkan mengatakan bahwa lovegayo kurang cocok sebagai nama website media (pemberitaan). Pun demikian untuk pages Facebook I Love Gayo tidak dilakukan perubahan.

Berdasarkan pertimbangan diatas, para pengelola menyepakati untuk mengubah nama alamat www.lovegayo.com  menjadi www.lintasgayo.com  dan baru beroperasi dalam seminggu ini. Pengubahan ini juga berbarengan dengan perpanjangan domain dan saat ini kami sedang berupaya melakukan sejumlah perubahan terutama terkait tampilan dan sejumlah kemudahan bagi pengakses berita yang menggunakan fasilitas telepon selular.(Tim)

Comments

comments