by

Parlok “Galaksi” Dideklarasikan

ilustrasi Parlok Galaksi
ilustrasi Parlok Galaksi

MEDAN – Hasil kongres perdana yang digelar masyarakat utusan dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, Minggu (19/12) sore di Asrama Haji, Medan, Sumatera Utara, resmi mendeklarasikan Partai Lokal “Galaksi”.

Ketujuh Kabupaten/Kota yang terwakili masyarakatnya yakni utusan Kabupaten Aceh Tenggara, Singkil, Subulussalam, Gayo Lues, Aceh Tengah dan Bener Meriah dan Tamiang, dari hasil Kongres itu menelurkan nama Partai Lokal baru Gayo Alas Singkil (Galaksi).

Konsep Deklrasi yang ditandatangani 17 Deklarator itu dibacakan HM Yusbi Hakim, dalam pernyataan mereka tertuang pada 7 poin, di antarnya Parlok Galaksi akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Gayo, Alas, Singkil dan Tamiang, dan akan menyetarakan dengan partai lokal dan nasional untuk memperjuangkan kesejahteraan masyarakat banyak.

Pantauan Berita, jalannya Kongres I Parlok Galaksi sejak Sabtu-Minggu (18-19/12) berlangsung alot. Sejak dari pembahasan Tatib kongres, dan AD/ART Parlok Galaksi.

Sebelumnya, salah satu tokoh masyarakat Gayo, Kamaruddin Ibrahim,SH dalam sambutannya, memunculkan ide untuk membentuk Parlok baru ini. Tujuannya agar dunia bisa melihat Provinsi Aceh itu, ada banyak suku di dalamnya, bukan hanya Aceh saja. “Dan kita masih jauh tertinggal di segala sektor,” jelasnya.

Diungkapkannya, kita ingin Galaksi bisa jadi wakil suku yang besar juga di Aceh, untuk memperjuangkan nasibnya ke depan, baik peningkatan SDM, ekonomi dan politik lokal, dengan mengejar ketertingalan, agar sejajar dengan kabupaten/kota di Indonesia.

Jahyan Alastra,S.Sos, deklarator utusan kalangan tokoh muda Agara, kepada Berita, Minggu (19/12), usai mengikuti kegiatan pendeklarasian Partai Lokal Galaksi mengatakan, dia sudah bertekad di sininilah wadah yang tepat untuk membawa suara masyarakat Suku Alas, Gayo dan Singkil.

“Saya inginkan semua pihak bisa membantu apa yang kami lakukan nantinya,” ujarnya lagi.

Parlok ini berdiri masih dalam bingkai NKRI dan tetap mengedepankan UUD 1945, kita ingin Suku Alas agar jangan termarginalkan, semua mata orang melihat Aceh itu hanya sebelah mata, padahal kami juga suku yang berbeda di Provinsi Aceh, kata Jahyan.

Sementara itu, Bupati Bener Meriah Ir Tagore Kepada Berita, di tempat yang sama, mengatakan dia optimis Galaksi akan mampu bersaing dengan parpol lain, untuk membawa aspirasi rakyat, ke arah yang lebih baik.

Galaksi punya tampilan beda, dari partai yang ada, ia yakin keterwakilan Galaksi bisa membawa perubahan suku Alas, Gayo, Singkil dan Tamiang, satu tujuan pembangunan Pemerintah Pusat.katanya.

Pada Kongres I Partai Galaksi, juga telah membentuk kepengurusan dewan pimpinan pusat (DPP) partai Gayo, Alas, Singkil di Provinsi Aceh, diantaranya Ketum Drs H M Syarif, Wakil Ketua Iklil Iliyas Leube,SH, Jahyan Alastra,S.sos, Nazhibtan Husin,H Sahril AW, Safran Kombih,SH, Fahmi Syahfira,S.S. Sekretaris Jenderal diisi HM Yusbi Hakim, Wakil Sekertaris, Wahyu Afandi, SH, Ir Sukriansyah dan Arif Frianta,SH untuk Bendahara diisi H Budiman B.A, wakil Bendahara, Agus Arianto, Sirli serta Irwan, Partai Lokal Galaksi ini berdomisili di Kota Kabupaten Takengon Aceh Tengah.

Acara berlangsung tertib dan berjalan dengan lancar, manyoritas yang hadir dari Suku Gayo, Singkil dan Alas, dengan masing-masing Kabupaten Kota mengirim sejumlah tokoh daerahnya, baik kalangan muda dan tua juga ikut menjadi peserta kongres perdana Partai Galaksi yang digelar di Asrama Haji Medan Sumatera Utara itu. (aie | beritasore)

Comments

comments