by

374 Calon Taruna Akpol “Bertarung” Rebut 9 Kuota

Banda Aceh | Lintas Gayo – Sebanyak 374 calon Taruna Akademi Polisi (Akpol) yang mengikuti seleksi melalui Polda Aceh akan bertarung memperebutkan jatah kuota 9 orang yang akan lulus mengikuti pendidikan Akpol tahun 2012 ini.

Sekretaris Panitia daerah (Panda) Polda Aceh Kompol Nurdianah mengungkapkan, animo pendaftar melalui calon Taruna Akpol yang dilakukan melalui online sebanyak 640 orang. Jumlah ini berkurang setelah dilakukannya verifikasi nomor Polda hingga berjumlah 391 orang.

Pada tahap pemeriksaan administrasi awal, yang sudah diumumkan pada 23 Mei 2012, yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi lanjutan berjumlah 374 orang dan yang tidak memenuhi syarat adalah 17.

“Mulai besok (Sabtu, 26/5/12) kita akan melakukan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) badan tahap I,” ujar Kompol Nirdianah, Jumat (25/5/12).

Sementara itu, Kapolda Aceh melalui Wakapolda Brigjen Pol Setyanto saat memberikan arahan dihadapan para orang tua dan calon taruna mengungkapkan, proses penerimaan calon taruna/i Akpol ini berperinsip secara  bersih, transparan akuntabel dan humanis.

Bersih dalam artian bahwa tidak ada celah sama sekali bagi panitia, pejabat, calon dan keluarga calon untuk KKN. Sedangkan, “transpara“ artinya semua tahapan penerimaan dan seleksi dilaksanakan secara terbuka dibawahan pengawasan internal dan eksternal.

Begitu juga dengan “akuntabel“, artinya pelaksanaan dan hasil penerimaan dan seleksi dipertanggung jawabkan secara vertikal maupun horizontal baik kepada pimpinan polri, pemerintah, publik, pengamat, orangtua dan calon taruna/i.

Sedangkan, “humanis“  artinya memperlakukan calon taruna/i sebagai warga negara yang perlu dilayani dengan baik dan penuh kasih sayang selama mengikuti seleksi.

Wakapolda juga mengingatkan, bahwa pada kegiatan penerimaan Akpol ini masih ada beberapa tahapan yang harus para calon laksanakan diantaranya yaitu Rikkes badan tahap I, test psikologi, uji akademik, Rikkes badan tahap II, uji kemampuan jasmani, pemeriksaan administrasi akhir, pendalaman penelusuran mental kepribadian dan sidang penetapan kelulusan tingkat Panda.

Pada pelaksanaan pemeriksaan kesehatan badan ini dilaksanakan oleh tim kesehatan Polda, untuk test psikologi dan uji akademik yang melaksanakan adalah tim psikologi dan tim akademik Polda, yang dalam pengoreksian hasil lembar jawaban komputer ini menggunakan alat scanner yang hasilnya bisa langsung dapat dilihat oleh para calon Taruna dan dapat juga dilihat oleh para orang tua atau wali siapa yang memenuhi syarat dan siapa yang tidak memenuhi syarat.

Untuk uji kemampuan jasmani dilaksanakan oleh tim jasmani Polda dan nilai hasil uji jasmani ini dapat langsung dilihat pada papan score yang nanti akan dipasang pada saat seleksi uji jasmani. Pada pemeriksaan administrasi akhir nanti akan dilaksanakan oleh tim Rikmin Polda yang dibantu oleh tim dari Diknas dan Depag yang bertugas pada keabsahan ijazah dari para calon.

“Di dalam penerimaan ini juga nanti ada tahap pendalaman penelusuran mental kepribadian yang akan dilaksanakan oleh tim paminal Polda,” ungkap Wakapolda.(a. ZaiZa)

Comments

comments