by

Fikar Tampilkan Puisi Didong di Bus Transjakarta

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyair asal Aceh Fikar W Eda akan menggelaar karya bertajuk Jakarta Dalam Puisi Didong Dalam Transjakarta, pada Minggu, (3/6/2012) pukul 14.00 WIB di atas bus Transjakarta, rute Pasar Grosir Cililitan – Grogol.

“Pertunjukan tersebut akan melibatkan 25 seniman didong dari grup didong Singkite Ciputat dan grup Bintang Duta Cibubur,” ujar Fikar, Jumat (25/5/2012) di Jakarta.

Pertunjukan di atas bus Transjakarta itu, menurut Fikar, akan menampilkan 20 puisi didong dalam bahasa Indonesia, sehingga bisa dinikmati oleh seluruh penumpang yang berada dalam bus tersebut. Puisi-puisi yang dibacakan seluruhnya bertema tentang kehidupan masyarakat Jakarta.

“Ini merupakan pertunjukan seni urban yang dilakukan oleh para urbanis dari Gayo,” kata Fikar.

Didong adalah sastra tutur dari Gayo, Aceh. Di tanah asalnya, kesenian didong dipertunjukan satu malam suntuk yang dilakukan oleh dua grup didong, masing-masing grup terdiri dari 20 hingga 25 pria dewasa.

“Pada pertunjukan di dalam bus Transjakarta, durasi pertunjukan selama sekitar dua jam,” kata Fikar.

Pertunjukan itu merupakan tugas akhir Fikar W Eda yang mengikuti Program S2 di Institut Kesenian Jakarta.(sumber :kompas.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.