by

Nenas Manis, Kuliner Khas Peparik Gaib

Gayo Lues | Lintas Gayo –  Selain wisata Kedah yang berlokasi Kecamatan Kute Panyang, yang banyak dijadikan para pengunjung sebagai tempat memotret karena panorama alam dan tumbuh-tumbuhannya yang indah, tidak jauh dari tempat itu juga terdapat wisata kuliner yang patut untuk dikunjungi, yaitu belanja buah nanas di Desa Peparik Gaib yang terkenal enak dan manis.

Salah satu pedagang nanas yang berada di pinggiran jalan desa tersebut, Rusmi (33), mengaku, tiap harinya buah dagangannya terjual sampai tiga karung perharinya. “Alhamdulillah sampai saat ini, buah nanas dagangan saya cukup laris. Tiap harinya bisa laku sampai 3 karung,” terang Rusmi.

Rusmi juga mengaku, pembeli yang datang ketempatnya berasal dari berbagai daerah, seperti dari Medan, Banda Aceh, Kota Cane dan Takengon.

Selama ini Desa Peparik memang terkenal banyak menghasilkan buah nanas. Menurut pengakuan Rusmi, tanaman buah nanas didesa tersebut tiap bulannya berbuah. Tapi yang paling banyak berbuah biasanya bulan Januari sampai bulan Juli.

Rusmi mengaku, dia hanya bergerak sebagai penjual saja, bukan sebagai petani yang menanam buah nanas. “Saya membeli buah nanas dari petani dengan harga Rp10.000/tiga buah. Sedangkan saya menjualnya kembali dengan harga Rp7.500 per buahnya,”rinci Rusmi.

Rusmi mengaku harus tetap menjaga dagangannya agar tetap segar, sehingga para pembeli yang datang tidak kecewa dengan buah nanas yang terkenal di Gayo Lues itu.(Supri Ariu/red.04)

Comments

comments