by

HPN-2012, Telkom Memberikan Pelayanan Ekstra

MEMPERINGATI Hari Pelanggan Nasional (HPN) tepat pada Selasa, 4 September 2012, PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) memberikan pelayanan ekstra kepada konsumennya yang berkunjung ke Plasa Telkom di seluruh Indonesia. Pelanggan yang datang selama satu hari ini disambut secara khusus oleh manager/supervisor Plasa Telkom dan mendapat “welcome drink”.

“Perlakuan istimewa kepada pelanggan  tersebut sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan khususnya di Hari Pelanggan Nasional (HPN), 4 September 2012,” jelas Head of Corporate Communication and Affair Telkom, Slamet Riyadi, Selasa (04/09).

Di Medan Telkom memperingati  kegiatan HPN dengan berbagai kegiatan, mulai dari apel kerja, kunjungan rumah pelanggan, memberikan layanan ekstra di plasa  Telkom. Apel yang berlangsung di dua lokasi, Jln HM Yamin 13 apel dipimpin oleh GM DTF Rifnaldi sedangkan apel yang berlangsung di Mongonsidi 6 dipimpin oleh Senior Manager GS Abdul Wachid.

Yes! We Serve More

Memperingati Hari Pelanggan Nasional tahun ini, Telkom mengusung tema “Yes! We Serve More”. Makna tema tersebut seperti dijelaskan Slamet Riyadi merupakan semangat  dan tekad untuk senantiasa mendahulukan kepentingan pelanggan.

“Tema itu sesuai dengan semangat yang terkandung dalam Corporate Values Telkom, yakni 5C, antara lain “Customer First” dan “Commitment to Long Term,” kata Slamet Riyadi. Menurutnya, Telkom telah berpartisipasi memperingati Hari Pelanggan Nasional sejak  pertama kali digulirkan pada 2003.

Melalui peringatan Hari Pelanggan Nasional ini Telkom akan senantiasa memperlakukan Pelanggan dengan lebih Peduli, baik dalam hal penyelesaian keluhan maupun segala kebutuhan Pelanggan yang akan selalu tersolusikan melalui Collaborative Innovation dan Telkom akan memberikan layanan terbaik dengan Top Down Commitment yang kuat dari mulai Direksi sampai dengan frontliners.

Pemasangan Modem di Rumah Pelanggan oleh Direksi

Berkaitan dengan Hari Pelanggan Nasional, para senior leader dipimpin Direktur Konsumer Telkom, Sukardi Silalahi  secara khusus memasang modem di rumah pelanggan. Pemasangan modem tersebut dalam rangka program “Broadband Ready” yang saat ini tengah gencar disosialisasikan kepada pelanggan. Melalui program Broadband Ready semua pemilik telepon rumah dapat menikmati akses internet berkecepatan tinggi.

Hari Pelanggan Nasional, demikian Slamet Riyadi, merupakan waktu yang pas untuk mendapatkan gambaran tingkat kepuasan pelanggan produk-produk Telkom, seperti Speedy, Flexi dan telepon rumah. Kegiatan turun langsung menemui pelanggan ini nanti akan dijadikan sebagai bahan untuk memperbaiki kenerja pelayanan ke depan supaya lebih baik lagi.

Dalam kaitan Hari Pelanggan Nasional, Telkom bersama kurang lebih 40 BUMN dan perusahaan swasta pada Senin 3 September 2012 menyelenggarakan aksi simpatik di Jakarta berupa pembagian cenderamata kepada pengguna jalan di Bundaran Hotel Indonesia.

Kesiapan Plasa Telkom

Pada  Hari Pelanggan Nasional ini,  para manager Telkom turun langsung melayani pelanggan di Plasa Telkom yang merupakan walk in center bagi produk-produk Telkom Group. “Kami turun langsung untuk mengetahui apa saja keluhan yang dirasakan konsumen dan berusaha memperoleh solusi terbaik bagi pelanggan,” tambahnya.

Saat ini Telkom memiliki berbagai portofolio layanan, seperti telepon rumah, Flexi dan Internet cepat Speedy. Selain itu, melalui program Indonesia Wifi (Wifi.Id), Telkom telah menyediakan tidak kurang dari 500 titik hotspot di berbagai lokasi strategis Indonesia. Telkom juga melayani tidak kurang dari 8,7 juta pelanggan telepon rumah, sekitar 2 juta pelanggan Speedy dan sekitar 16,3 juta pelanggan Flexi.

“Untuk melayani pelanggan yang membutuhkan produk-produk Telkom, kami telah menyiapkan sebanyak 572 Plasa Telkom di berbagai kota Indonesia,” terang Slamet Riyadi. Bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional, seluruh Plasa Telkom baik yang ada di kota-kota besar maupun di daerah tampil beda untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Plasa Telkom yang ada sekarang berusaha mendekati pelanggan. Saat ini tercatat sebanyak 219 Plasa Telkom siap melayani pelanggan di Regional Sumatera, 34  Plasa di Regional Jabodetabek, 16 Plasa di Regional Jawa Barat, 59 Plasa di Regional Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, 37 Plasa di Regional Jawa Timur, 54 Plasa di Regional Kalimantan dan 153 Plasa di Regional Sulawesi dan Kawasan Timur Indonesia.

Menurut Slamet Riyadi, pelanggan-pelanggan Telkom terkonsentrasi di empat wilayah layanan utama, yakni Sumatera, Jabodetabek, Jabar-Banten dan Jawa Timur tetapi di wilayah lain pun berkembang cukup pesat. Kehadiran Plasa Telkom tersebut dimaksudkan untuk menjamin ketersediaan produk serta meningkatkan kenyamanan pelanggan. Ditambahkannya, seiring dengan transformasi perusahaan, Plasa Telkom kini tampil dengan desain dan suasana baru, yang mencerminkan tekad Telkom untuk melayani lebih baik lagi.

Pelanggan Speedy dan Telepon Rumah

Peningkatan pelanggan yang cukup pesat terlihat pada layanan Speedy. Seiring meningkatnya kebutuhan akan layanan internet cepat dan stabil, saat ini Telkom memiliki sekitar 2 juta pelanggan Speedy. Sebaran pelanggan Speedy per wilayah cukup merata meski masih didominasi oleh pelanggan yang ada di wilayah Jabodetabek, yakni sekitar 500 ribu pelanggan, disusul dengan Regional I Sumatera dengan 282 ribu pelanggan, Regional V Jawa Timur 268 ribu pelanggan, Regional IV Jawa Tengah  200 ribu, Regional III Jabar-Banten berjumlah 183 ribu dan Regional VII Kawasan Timur Indonesia berjumlah 125 ribu sedangkan untuk Regional VI Kalimantan berjumlah 158 ribu pelanggan.

Meskipun ada perubahan gaya hidup dan meningkatnya penggunaan pelanggan seluler, pelanggan telepon rumah masih stabil di posisi 8,7 juta pelanggan. “Berkat program revitalisasi telepon rumah, antara lain melalui peningkatan kualitas jaringan dengan serat optik dan diversikasi layanan, sehingga telepon rumah tidak hanya dapat melayani suara tetapi juga broadband dan bahkan siaran televisi Groovia,” terang Slamet Riyadi.

Sebaran pelanggan wireline terbanyak di wilayah Jabodetabek dengan 2,4 juta pelanggan, disusul oleh Jawa Timur dengan 1,3 juta pelanggan, lalu wilayah Sumatera dengan 1 juta pelanggan. Sedangkan di Jabar-Banten, tercatat sekitar 742 ribu pelanggan, Jawa Tengah 742 ribu pelanggan, Sulawesi 797 ribu dan Kalimantan 395 ribu pelanggan.

Salah satu layanan unggulan Telkom, yakni Flexi juga memiliki sebaran pelanggan yang cukup merata, meski tetap didominasi oleh pelanggan yang berdomisili di Jawa Timur dengan 7 juta pelanggan sehingga Telkom tidak ragu untuk menyebut Jawa Timur sebagai propinsi Flexi. Jabodetabek menjadi wilayah berikutnya yang memiliki pelanggan terbanyak, dengan 3 juta pelanggan, lalu Kawasan Timur Indonesia dengan 1,6 juta, Sumatera dengan 1,46 juta pelanggan, Jawa Tengah 1,3 juta pelanggan, disusul Jabar-Banten dengan 1 juta pelanggan, serta Kalimantan dengan 828 ribu pelanggan. (SP)

Comments

comments