by

Tahun 2012, Perpustakaan dan Arsip Aceh Tengah Terbaik di Aceh

Takengon | Lintas Gayo РKepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Aceh, Drs M Adnan A. Majid   memberikan penghargaan kepada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Aceh Tengah sebagai Kantor Penataan Arsip Terbaik se-Aceh untuk tahun 2012 pada 22 Juni 2012 lalu.

Diterimanya penghargaan tersebut diungkapkan kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Aceh Tengah, Hamdan SH, Kamis 20 September 2012 lalu di Takengon.

“Prestasi ini diraih tidak terlepas dari langkah yang ditempuh dalam rangka meningkatkan penataan arsip di Aceh Tengah dengan meningkatkan SDM¬† staf perpustakaan melalui pelatihan disejumlah daerah di Indonesia,” kata Hamdan.

Seperti beberapa waktu lalu, terang Hamdan, pihaknya mengirim 4 staf mengikuti pelatihan arsip dan perpustakaan di Bogor secara bertahap. Hasil dari pelatihan dijadikan bahan evaluasi sehingga dapat memperbaiki kekurangan yang ada  di perpustakaan Aceh Tengah.

Selain meningkatkan kualitas SDM ditambahkan Hamdan, juga harus melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan seperti casing, rak dan ruang penyimpanan serta peralatan lain yang dibutuhkan.

Lebih jauh ditambahkan Kasi Pembinaan Kearsiban Israh S Sos, didampingi bidang Arsiparis, Siti Rahma SH.I, ada tiga cara pengarsipan yang dilakukan. Pertama arsip aktif, maksudnya arsip yang masih dipakai penciptanya. Dan selanjutnya arsip in aktif, yakni arsip yang frekuensinya menurun dan tidak di pakai oleh penciptanya. Dan terakhir arsip satis yakni arsip yang harus di simpan di Badan Arsip dan Arsip Nasional.  (LG008/red.03)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments

  1. S.M.A.R.T (spesific, Measureable…..Timeframe) PERFORMANCE, Selamat kepada Ka.Dinas dan jajarannya, semoaga menjadi pahala dan berkah dalam pengabdian di pemerintahan. Ucapan terima kasih dari perpustakaan serami baitul hamdi dan pembacanya di Tetunyung Lor. Amal No.45 Aceh tengah. yang telah menerima pelatihan berikutnya dari Pemkab Aceh tengah. wss