Pacuan Kuda HUT Kota Takengon ke-436 Digelar 18-24 Februari 2013

Logo pacu kuda HUT KOTA TAKENGON

Takengon | Lintas Gayo – Pacuan kuda Gayo kembali digelar di Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Kali ini dimulai sejak tanggal 18 hingga 24 Februari 2013 mendatang bertempat di lapangan H. Muhammad Hasan Gayo Belang Bebangka Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah.

Kepastian penyelenggaraan kegiatan memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Takengon sekaligus sebagai kegiatan pembuka multi event Festival Danau Lut Tawar 2013 ini dinyatakan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) KabupatenĀ  Aceh Tengah, Jakfar, SE, MM di ruang kerjanya, Sabtu (2/2/2013).

ā€œSetelah mendengar arahan pimpinan, maka agenda tahunan tersebut dilakukan satu hari setelah resepsi perayaan hari jadi Kota Takengon ke-436,ā€ kata Jakfar. HUT Kota Takengon sendiri telah ditetapkan pada tanggal 17 Februari setiap tahun. Untuk tahun 2013 ini diperingati untuk ketiga kalinya, timpal Jakfar.

Adapun peserta pacuan, dijelaskan Kadis masih seperti tahun-tahun sebelumnya yakni diikuti oleh 3 kabupaten dataran tinggi Gayo, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tengah sendiri dengan jumlah kuda pacu sekitar 300 ekor.

ā€œKategori pacuan juga tidak berubah,ā€ kata dia. Namun ada pengembangan terkait teknis menyesuaikan aturan yang mengacu kepada Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) dimana saat memulai pacuan menggunakan Starting Gate.

Pejabat Negara Hadir

Berbarengan dengan digelarnya pacuan kuda ini, sejumlah pejabat negara akan hadir di Takengon. Menurut Jakfar, sesuai dengan informasi yang diterimanya dari Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM beberapa hari lalu, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB), Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia, Menteri Agama RI, Dirjen Imigrasi, dan sejumlah pejabat Pemerintahan Aceh akan hadir dengan sejumlah agenda kegiatan.

Agenda penting tersebut antara lain peresmian penegerian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gajah Putih Takengon, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Takengon, dan lain-lain. Termasuk pengurus PORDASI Pusat juga merencanakan akan hadir.

ā€œPara pejabat tersebut secara serentak akan ikut menyaksikan pacuan kuda Gayo pada hari Sabtu, 23 Februari 2013 mendatang,ā€ terang Jakfar.

Untuk kesiapan penyelenggaraannya, diungkapkan Jakfar, pihaknya telah menerima arahan langsung dari Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah dan telah melakukan sejumlah persiapan.

ā€œMensukeskan even kali ini, atas kerjasama lintas sektoral, secara bertahap kita sudah melakukan sejumlah persiapan terutama penyiapan lapangan,ā€ pungkas Jakfar. (SP/red.003)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.