by

Masyarakat Gayo Jember dan Bondowoso Adakan Silaturahmi

KELUARGA BESAR MASYARAKAT GAYO JEMBER DAN BONDOWOSO ADAKAN SILATURRAHMI DI BONDOWOSO
Keluarga Besar Masyarakat Gayo Jember dan Bondowoso Adakan Silaturahmi (Junaidi)

Jember | Lintas Gayo – Keluarga besar masyarakat Gayo yang dulu tergabung dalam eks keresidenan Besuki (Jember, Bondowoso, Lumajang, Banyuwangi, Situbondo dan Probolinggo) beserta IPERMATA GAYO (Ikatan Pelajar Mahasiswa Tanoh Gayo) Jember adakan silaturrahmi seluruh masyarakat Gayo di Bondowoso pada  Minggu 20 oktober 2013 lalu.

Acara yang baru pertama kali digelar ini berawal dari ide seluruh masyarakat Gayo yang mengikuti acara halal bihalal yang diadakan oleh Mahasiswa di jalan Sriwijaya-Jember pada tanggal 18 Agustus 2013 silam.

“Karena kesibukan masing-masing, sehingga kurangnya intensitas masyarakat Gayo untuk mengadakan pertemuan-pertemuan semacam ini,” ujar Amri Gunasti, S.T yang merupakan Dewan Pembina IPERMATA GAYO Jember.

Ditemui ditempat terpisah, Amri Gunasti yang juga merupakan sebagai koordinator dari acara silaturrahmi ini menjelaskan tujuan dari acara ini digelar adalah untuk mengobati rasa rindu terhadap tanoh tembune (Gayo, red) mulai dari keinginan berbahasa Gayo, juga ingin merasakan seperi makanan khas Gayo, memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa, meng-uptodate kabar tentang Gayo dan sedikit banyaknya memberi masukan untuk kemajuan daerah Gayo kedepan.

“Kedepan, dengan digelarnya acara ini bisa menjadi semangat bagi urang Gayo untuk mengembangkan tanoh Gayo, juga mampu mengembangkan kemampuan individu masing-masing,” harapnya.

Amri  mengungkapkan, untuk calon mahasiswa baru yang akan datang, tidak perlu khawatir untuk melanjutkan studinya khususnya ke Jember.“Kita memiliki wadah pemersatu masyarakat Gayo, yaitu IPERMATA GAYO,” jelas Amri Gunasti yang saat ini juga sedang menempuh program pasca-sarjana di Universitas Brawijaya Malang.

Acara silaturrahmi seluruh masyarakat Gayo ini, nantinya akan menjadi rutinitas yang akan dihelat setiap dua bulan sekali.  Pada bulan Desember mendatang, akan kembali degelar di Jember, tepatnya dirumah bapak Khalidin yang merupakan anggota BABINSA KODIM Jember yang bertempat di Ambulu desa Ampel dusun Kemper, Kabupaten Jember.

Dalam acara ini, turut hadir bapak Ali Umer yang merupakan sesepuh masyarakat Gayo yang sudah puluhan tahun silam berdomisili di Bondowoso dan tokoh masyarakat Gayo Drs. Zainuddin yang sudah menetap di Kota Jember beserta puluhan keluarga Gayo lainnya. (Junaidi Yahya/Fz)

G4yo-Lin-Tas[Ga0]yo]

Comments

comments