by

Herwan Fakhrizal, S.Sn.,M.Sn. Jabat Sementara Rektor ISI Padangpanjang

Konfrensi Pers (Ansari Salihin)
Konfrensi Pers (Ansari Salihin)

Padangpanjang | Lintas GayoTepat pada 12 Maret 2014 Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar .,M.Hum. secara resmi mengundurkan diri sebagai Rektor yang seharusnya menjabat sampai 2015 mendatang. Namun atas tuntutan mahasiswa yang melakukan aksi selama beberapa hari di lingkungan kampus terkait akreditasi dan fasilitas kampus akhirnya Mahdi Bahar bersedia mengundurkan diri. Untuk menjaga kekosongan pejabat ISI Padangpanjang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menunjuk  Herwan Fakhrizal untuk Pelaksana Tugas (Plt) Rektor sementara.

Pada aksi tersebut Pembantu Rektor (PR) I Drs. Zulhelman, M.Hum dan PR III Martarossa, S.Sn.,M.Hum juga mengundurkan diri dari jabatannya, namun Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menolak mundurnya PR I dan PR III ISI Padangpanjang sampai habis masa jabatannnya.

Herwan Fakhrizal dalam konfernsi pers Kamis 20/3/2013 menyampaikan, setelah mundurnya Rektor ISI Padangpanjang pada 12 Maret yang lalu, pada tanggal 13 Senat melaksanakan rapat luar biasa dan langsung melaporkan ke Derjen Dikti kejadian yang menimpa ISI Padangpanjang. Dirjen Dikti meminta nama calon Rektor dengan syarat pejabat yang ada.

“Berdasarkan surat Dirjen Dikti Nomor: 257/E.E1/KP/2014 perihal mengisi kekosongan jabatan pimpinan ISI Padangpanjang yang ditujukan kepada senat ISI Padangpanjang. Dirjen Dikti menyatakan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pasal 10 ayat (1) bahwa pemberhentian Rektor sebelumn masa jabatannya harus digantikan oleh salah satu Pembantu Rektor sebagai Rektor untuk meneruskan masa jabatannya” Ungkap Herwan dihadapan puluhan reporter dalam komferesi pers tersebut.

Herwan menambahkan, pada kesempatan tersebut PR I dan III sudah mengundurkan diri dari jabatannya dan PR II statusnya  Pelaksana Tugas (Plt). Kemudian Senat mengusulkan tiga nama calon Rektor kepada Dirjen Dikti pada 13 Maret 2014. Berdasarkan surat tersebut Merinteri Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan surat perintah untuk memimpin ISI Pelaksana Tugas (Plt) dengan syarat tidak boleh mencalonkan diri sebagai Rektor yang akan datang.

“Surat Kemendikbud Nomor: 43281/A4.4/KP/2014 memrintahkan kepada Herwan Fakhrizal, S.Sn.,M.Hum, Jabatan Lektor Kepala/Sekretaris Senat ISI Padangpanjang, untuk melaksankan Pelaksana Tugas (Plt) Rektor ISI Padangpanjang mulai 14 Maret 2014 sampai dilantiknya Rektor definitif” Tegas Herwan.

Sementara terkait masalah tuntutan mahasiswa berkenaan dengan fasilitas dan akreditasi Jurusan Seni Karawitan dan Seni Tari, Herwan Fakhrizal sebagai Plt. Rektor akan berupaya dengan sebaik mungkin, namun ia tidak memilki wewenang untuk merubah itu semua karena jabatannya hanya pelaksana tugas berbeda dengan wewenang Rektor. Akan tetapi Herwan bersama anggota Senat nantinya akan mendorong kandidat Rektor ke depannya untuk fokus memprogramkan terkait tuntutan mahasiswa. (ANSAR SALIHIN)

Comments

comments