by

Keracunan Puluhan Bayi di Lampahan Harus di Usut

Penyebab Keracunan Puluhan Bayi di Lampahan Harus di Usut “Tetapkan Tersangkanya”

Oleh:  Herman Lantang*

Herman Lantang

Kejadian keracunan begitu menyedihkan dan mencengangkan menimpa puluhan balita generasi masa depan tanoh gayo, yang terjadi pada Rabu 13/8/2014 di Lampahan Atas Kabupaten Bener Meriah pada saat diselenggarakannya posyandu yang mana agendanya memberikan makanan tambahan kepada bayi dalam bentuk susu formula dan bubur, harus segera diusut tuntas.

 

Hal ini tidak dapat di diamkan begitu saja, karena Indonesia adalah negara hukum, yang mana setiap warga negaranya harus dilindungi dan diberikan hak-hak kesehatan. Jadi sudah sepantasnya dari kejadian ini bagi instansi yang terkait harus segera membentuk tim Investigasi guna mendalami penyebab keracunan terhadap puluhan bayi tersebut dan menemukan pihak-pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Masyarakat secara umumnya masih banyak awan, sehingga terkadang hak-hak mereka juga sering terabaikan.

 

Oleh sebab itu pihak Kepolisian Polres Bener Meriah dalam hal ini juga harus mengambil langkah cepat untuk melakukan penyelidikan dalam peristiwa ini karena salah satu tugas Kepolisian Negera Republik Indonesia adalah memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dan demi kepentinagn umum. Dan jika memang ditemukan adanya unsure pidana dalam peristiwa tersebut, pelaku harus segera diproses dan dijerat dengan ketentuan yang berlaku.

 

Dilihat dari sisi historis, kejadian yang menimpa balita-balita calon pemimpin masa depan Bener Meriah itu sangatlah sesuatu yang cukup mengejutkan. Karena jarang terdengar sebelumnya kejadian keracunan masal yang menimpa puluhan balita, ditempat posyandu lagi yang konon bukankah posyandu itu untuk menyehatkan pertumbuhan balita dan mencegah penyakit, bukan malah membuat penyakit.

 

Hak-Hak warga negara haruslah dilindungi, begitu juga balita yang mengalamai keracunan pada saat posyandu tersebut. Walaupun mereka telah pulih atau sebagian telah keluar dari RS, namun tidak serta merta dianggap peristiwa ini selesai. Semenjak berita tentang kejadian keracunan yang menimpa puluhan bayi di Lampahan Atas tersebut yang dipublikasikan oleh beberapa media online, namun belum ada tanggapan atau penjelasan yang ilmiah dari Instasi medis di daerah itu mengenai penyebab terjadinya peristiwa keracunan tersebut.

 

Dalam hal ini saya mewakili elemen masyarakat sipil, memita kepada Pihak yang berwenang untuk sesegara mungkin menyelidiki kejadian itu, begitu juga dari pihak Dinas kesehatan Kabupaten atau instasi kesehatan yang lainnya dapat memberikan penjelasan yang ilmiah terhadap publik atau masyarakat tentang penyebab keracunan yang menimpa puluhan balita tersebut.

 

*Alumni Fakultas Hukum Unsyiah asal Gayo

Comments

comments

News