by

Gontor 10 Darul Amien Buka Pendaftaran Murid Baru

Takengen | Lintas Gayo : Gontor 10 Darul Amien yang terletak di Meunasah Baro-Seulimeum Aceh Besar Nanggroe Aceh Darussalam mulai membuka pendaftaran baru .Penerimaan murid baru dimulai Tanggal 1 Juni Hingga 20 Juli. Jadwal ini berlaku setiap tahun ajaran baru. Pondok Modern Gontor 10 Darul Amien merupakan satu dari 13 cabang dari Pondok Modern Darussalam Gontor yang saat ini dipimpin oleh, DR.K.H.Abdullah Syukri Zarkasyi,M.A., K.H.Hasan Abdullah Sahal dan K.H.Syamsul Hadi Abdan. 

Pondok Modern Gontor 10 Darul Amien yang terletak di Meunasah Baro Seulimuem Aceh Besar, merupakan bentuk kontribusi nyata Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo untuk membangun kembali pendidikan di Aceh setelah peristiwa Tsunami Desember 2004.

Darul Amien dibangun diatas lahan seluas 10,1 hektar. Tiga hektar diantaranya berasal dari wakaf H.Muhammad Amin Usman (alm) dan selebihnya merupakan hasil pembelian Pondok. Sejak tahun 2005 telah dimulai pembangunan berbagai gedung asrama santri, ruang kelas, kamar mandi, instalasi air dan listrik, perkantoran, serta berbagai sarana pendidikan dan pengajaran.

Untuk mengatur dinamika kehidupan di Darul Amien, pimpinan Pondok menunjuk Al Ustadz Nurwaini Sholeh,S.H.I sebagai wakil pengasuh. Dibantu beberapa bagian yang menangani bidang seperti, Bagian Pengasuhan Santri, Bagian KMI (Kulliyatu-I-Mu’allimin Al-Islamiyah) yang menangani bidang akademik.

Bagian penggerak bahasa, bagian pengajaran, bagian perpustakaan, bagian kepramukaan, bagian kesenian, bagian olah raga dan sebagainya.

Aktifitas akademik berupa proses belajar mengajar didalam kelas ditangani  oleh lembaga KMI. Program belajar yang diselenggarakan KMI ada dua, yaitu program reguler dengan waktu belajar enam tahun untuk tamatan SD/MI dan program intensif/akselerasi dengan masa belajar 4 tahun untuk tamatan SMP/Tsanawiyah keatas.

Adapun bahas pengantar di Gontor 10 Darul Amien adalah bahasa Arab untuk pembelajaran komponen mata pelajaran Bahasa Arab dan Dirasah Islamiyah. Bahasa Inggris untuk komponen mata pelajaran Bahasa Inggris serta bahasa Indonesia untuk komponen mata pelajaran umum.

Sedangkan bahasa percakapan sehari-hari  didalam kampus adalah bahasa Arab dan Inggris. Para pengajar di Gontor 10 Darul Amien adalah para guru lulusan KMI Pondok Modren Gontor dan para sarjana Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor.

Adapun syarat-syarat pendaftaran adalah, menyerahkan 3 lembar foto kopi STTB terakhir yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah, berbadan sehat dengan surat keterangan dokter, menyerahkan pasfoto hitam putih dengan ukuran 4 x6 dan 3 x 4 sebanyak masing-masing 5 lembar. Memenuhi ketentuan-ketentuan atau iuran-iuran yang telah ditetapkan waktu pendaftaran.

Menyerahkan fotokopi akte kelahiran dan mendaftarkan diri sesuai dengan cara dan waktu yang telah ditetapkan. Sementara biaya pendaftaran sebanyak Rp.875 ribu. Uang pendaftaran ini antara lain untuk sumbangan pembangunan, sumbangan mesjid, majalah dan keperluan siswa lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi  panitia, Ust.Agus Supriyadi 081367262935 dan Ust.Indra Saputra 082142274684 (Ril/Win Ruhdi B)

Comments

comments