by

Bener Meriah Peringati  Isra Mi’raj 1440 H/Tahun 2019 

 

Redelong| lintasgayo.com – Acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1440 H/ Tahun 2019 M, dengan Tema ” Mari Kita Tingkatkan Pelaksanaan Sholat Sehari-hari Untuk Membangun Bener Meriah Sesuai dengan Nilai-nilai Syariat Islam ” yang diadakan oleh Dinas Syariat Islam di Mesjid Agung Babussalam, Bukit, Kabupaten Bener Meriah, Kamis (04/04/2019)

Sebelum acara demi acara berlangsung sebagai rangkaian kegiatan yang diawali protokol, Yusra Alpata, S.Hi dan dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Tgk Syiful Bahri S.Pd.I, Syalawat Badar dipimpin, Tgk Syaiful Bahri, S.pd, dan diikuti oleh seluruh yang hadir, termasuk Plt. Bupati dan Forkopimda dan forkopimda plus serta para tamu undangan.

Pelaksanaan Isra Mi’raj 1440 H/2019 M ini, Plt. Dinas Syariat Islam, Tgk. Sahlan Suhada Lingga,LC,MTh, melalui Tgk.Alhadi SH, bahwa kegiatan Ini terselenggara berkat saling kerja sama, dalam hal ini mari sama-sama kita untuk mendengarkan isi dari peringatan Isra dan Miraj 1440 H, Tahun 2019 M, yang mana ini merupakan kewajiban kita sebagai Umat Nabi Muhammad SAW untuk memperingatinya sepanjang abad oleh umat Islam.

Dengan terselenggarannya acara ini semoga persatuan serta kesatuan kita antara pemerintah Daerah dengan masyarakat semakin erat, dan kita lebih mengutamakan kepentingan persatuan secara menyeluruh dari pada kepentingan kelompok maupun golongan, pada kesempatan ini, atas nama ketua panitia mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang telah menghadiri acara peringatan Isra dan Mi’raj yang di selenggarakan ini.

Didalam kesempatan Isra Mi’raj tersebut, Plt Bupati Bener Meriah, Tgk H.Sarkawi, mengatakan bahwa perjalankan Nabi Muhammad SAW, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa hingga ke Sidratul Muntaha, perjalanan suci yang disebut dengan Isra Miraj, peringatan Isra Mi’raj diselenggarakan pada dasarnya untuk menjadi peringatan bagi kita umat muslim.

Agar selalu mempelajari apa makna dan hikmah yang terkandung di dalam peristiwa tersebut, salah satu hikmah Isra Mi’raj yang paling penting adalah tentang kewajiban Salat Lima Waktu yang Allah perintahkan langsung kepada Nabi Muhammad SAW pada peristiwa Isra Miraj.

Kita ingin sampaikan kepada masyarakat dengan peringatan Isra’ Mi’raj ini kita mengharapkan seluruh lapisan masyarakat agar melaksanakan perintah Allah untuk melaksanakan shalat, karena shalat salah satu rukun islam dan satu hal yang sangat penting dibandingkan dengan rukun islam lainnya, Momentum seperti ini kita ingatkan kembali bahwa kalau menilai seseorang dari sisi sholatnya.

Disamping itu, momentum peringatan Isra’ Mi’raj juga mengajak masyarakat untuk senantiasa memakmurkan masjid dengan melaksanakan shalat secara berjamaah, Mengingat dengan shalat, banyak nilai-nilai atau hikmah yang dapat di petik dan di peroleh dari shalat itu sendiri, Semoga menjadi berkah dan hidayah kepada kita, sebut Abuya.

Selanjutnya, inti dari Tausiah yang disampaikan, Tgk. Husaini Sasa,S.Sy, Dimana, Pada bulan yang penuh berkah ini, kita perlu lebih banyak melakukan muhasabatun nafsi atau instrofeksi diri,terutama yang berhubungan dengan peningkatan kualitas sholat kita khususnya dan kualitas Ibadah secara keseluruhan,
karena sudah seharusnya kita selaku kaum meningkatkan kualitas diri, dan amaliyah serta ibadah kepada Allah SWT.

Celakalah orang yang amalnya hari ini lebih buruk dari hari kemarin, rugilah orang yang amal hari ini sama dengan amal hari kemarin maka beruntunglah orang yang jika amal hari ini lebih baik dari kemarin,karena amal Ibadah Sholat menjadi tolok ukur dari identitas seseorang muslim maka segala upaya untuk mendapatkan Sholat yang Khusyu ikhlas termasuk rangkaian Ibadah.

Sholat khusyu, ikhtiar tidak akan pernah terwujud jika tidak ditunjang dengan ilmu oleh sebab itu Islam mewajibkan semua muslimin juga muslimat untuk menuntut ilmu,umat Islam mulai sadar pada saat perintah sholat mulai diwajibkan,ternyata banyak sarana dan prasarana pendukung yang menghantarkan pada ibadah sholat yang khusyu mengandung syarat dan rukun.

Menurut Tgk. Husaini, adapun perkara rukun akan dapat terpenuhi dengan cara menggali ilmu sholat Sedangkan yang menyangkut masalah syarat akan berhubungan dengan alat dan materi, Bulan Rajab,di mana kita melewatinya dari tahun ke tahun, dan tidak sekadar melewati.

Acara Isra Mi’raj ini mari kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada sang pencipta, Dimana Nabi Muhammad telah bersusah payah memperjuangkan Agama Islam ini dengan suka dan duka, kita harus saling menjaga persatuan dan kesatuan melalui Agama yang Rahmatan lilalamin ini.

Kegiatan dihadiri Forkopimda dan Forkopimda plus, Dinas, Intansi,Badan, dan dibantu Satuan Tugas komunikasi (Satgakom) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) wilayah 0121 yang dipandu ketua satgaskom Hendra Aditia JZ01JHN, seluruh rangkaian acara terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Syariat Islam dengan unsur pemerintah daerah kabupaten Bener Meriah. (Putra Mandala/Ihfa)

Comments

comments