by

Camat Timang Gajah Fasilitasi Petue Dirikan Forum Petue

Redelong| lintasgayo.com –Pemerintah kecamatan Timang Gajah menggelar  kegiatan peningkatan kapasitas Petue sekaligus akan mendirikan Forum Petue pada Tahun Anggaran 2019, yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 18 sampai dengan 20 Desember 2019, Di Aula Kantor Camat Timang Gajah, kegiatan ini akan  diikuti oleh 90 orang peserta dari masing masing kampung mengirimkan 3 Petue.

Camat Timang Gajah, Budi Wahyu Nugroho,S.Ip, mengatakan kegiatan ini dilakukan sejalan dengan UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa, PP No.43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksana UU No. 6 Tahun 2014, Permendagri No.110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa serta Peraturan Bupati Bener Meriah No.26 Tahun 2015.

“Kegiatan dilakukan guna meningkatkan kapasitas kelembagaan dan personil Petue sebagai Lembaga Strategis dalam pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung, Pembangunan, Pemberdayaan dan Pembinaan Masyarakat Kampung”, sebut Budi menjawab lintasgayo.com Jum’at (20/12/19).

Ia menambahkan, pemerintah kecamatan Timang Gajah akan terus mempasilitasi aparatur kampong untuk membangun dan memudahkan komunikasi, koordinasi dan silaturrahmi antara Pemerintah Kecamatan Timang Gajah dengan seluruh Petue yang ada di Wilayah Kecamatan Timang Gajah, dikarenakan kelembagaan yang baru ada di tingkat kecamatan adalah Forum Reje sementara Forum Petue belum terbentuk.

Selanjutnya kata Camat Timang Gajah ini, kegiatan ini juga dilakukan untuk mensinergikan tugas pokok dan fungsi petue dengan Reje Kampung serta aparaturnya terkait penyelenggaraan pemerintahan secara umum.

“Disamping pencanangan bulan Aspirasi Masyarakat yang harus dijalankan oleh Petue, Selain penyampaian materi, Petue diwajibkan untuk melakukan kunjungan kerja ke kampung dengan teknis secara rotasi”, lanjutnya.

Seluruh Petue di Kemukiman Tunyang, kata Budi, akan berkunjung ke kampung di wilayah Kemukiman Bandar Lampahan,  para Petue di Kemukiman Lampahan akan berkunjung ke kampung di wilayah Kemukiman Tunyang dan para Petue di wilayah Kemukiman Bandar Lampahan berkunjung ke Kemukiman Lampahan.

Selanjutnya Form data periksa dalam kunjungan wajib diisi yaitu tentang situasi dan kondisi Wajah Desa, Kantor Reje, Kantor BUMK, dan Fasilitas Ibadah, Transportasi kunjungan telah disediakan oleh kecamatan dengan sejumlah 5 Unit Kendaraan Avanza yang disewa.

“Setelah kunjungan Petue ke kampung maka masing masing petue mempresentasikan hasil kunjungan dan apa saja hal hal positif yang bisa diambil dari kunjungan kampung untuk diadopsi ke masing masing kampong”. Tutup Budi.(Putra Mandala)

Comments

comments