by

Sekda Haili Yoga Beri Saran Agar Terhindar dari Virus Corona

Spread the love

Redelong | Lintasgayo.com – Berdasarkan hasil Swab mandiri dari Laboratorium Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si beserta Ibu terpapar Covid-19 dengan kategori Asimptomatik, (Orang Tanpa Gejala– OTG).

Maka dari itu Saya Drs.Haili Yoga.M.Si, mengatakan pada tanggal 24 September 2020 kami melaksanakan uji Swab bersama keluarga dan hasilnya positif dan saat ini kami sedang melaksanakan Isolasi mandiri bersama.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa kami sudah 9 hari menjalani isolasi mandiri, namun kegiatan dan rutinitas kami selama isolasi, yang pertama bangun sekitar jam 03.00 wib pagi untuk mengingat kepada Allah dengan membaca Alquran sampai 1 Juz,” terangnya.

Sekda menceritakan, setelah pagi itu ia bersama keluarga melaksanakan olah raga, seperti main tenis meja, lalu jam 09.00 wib berjemur dibawah terik matahari sekitar 1-2 jam. Setelah itu berangkat ke kebun tujuan untuk dibersihkan.

Ia melanjutkan, kemudian membersihkan kebun dan mengeluarkan keringat, Sekda kembali kerumah dan mandi, tak lupa seperti biasa melaksanakan aktivitas membaca Alquran selama 2 jam mencapai 3 Juz ini.

Haili Yoga menuturkan kepada Lintasgayo.com, Jumat 02/2020 memberitahukan selama 9 hari diisolasi, ia tidak merasakan apa apa, badan dan perasaan hanya seperti biasa, termasuk tidak ada keluhan apapun.

“Dalam hal ini yang sangat penting kami sampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa Covid ini bukan aib dan kutukan dan ini memang ada, oleh sebab itu kita harus melaksanakan kehidupan ini bersama,” sebutnya.

Terkait dengan Covid dan sesuai dengan anjuran pemerintah kata Haili Yoga, masyarakat harus mengikuti protokol kesehatan untuk menghindari berjabat tangan, sentuhan tangan apalagi sewaktu adanya hajatan atau pesta dalam hal ini juga harus kita jaga bersama.

“Disamping itu seperti melaksanakan sholat berjamaah harus tetap jaga jarak, hindari juga jabatan tangan, apabila kita berjabatan tangan maka kita harus mencuci tangan,” pinta Haili Yoga.

Selanjutnya, penularan Covid-19 menurut dari Pihak kesehatan ada 3 macam, pertama dari mulut, hidung, kemudian mata jadi harus kita jaga dan wajib kita strilkan.

“Harapan kepada seluruh masyarakat bahwa pada intinya kita tidak perlu panik, memang Covid ini ada dan kita juga saat ini hidup dengan Covid ini. Jadi kepada semua dan orang tua kita yang memiliki penyakit agar tetap waspada terhadap virus ini,” terangnya.

“Hal ini bukan untuk orang tua saja, namun kepada kaula muda, ibu ibu rumah tangga, bapak kita semua ini harus betul betul kita jaga agar pergerakan tidak terjadi penularannya secara cepat,” kata Haili Yoga.

Sehubungan dengan ini semua kami sangat berharap kepada seluruh masyarakat mari kita saling mendoakan terhadap saudara kita yang terempeksi Covid-19 agar dapat pulih dan sembuh seperti sediakala.

“Kita beri suport karena penyakit ini didatangkan oleh Allah maka Allah juga yang akan menyembuhkannya dan ini dengan cara berdoa kepadanya,” pinta Haili Yoga.

Sekda Bener Meriah ini juga menyampaikan untuk jaga stamina, imum tubuh harus dijaga dengan menkomsumsi makanan yang bergizi seperti makan buah buahan dan mengatur pola makan.

Sehingga dengan menjaga pola makan secara teratur terang Haili Yoga, maka pikiran juga menjadi tenang.

“Semoga Covid 19 ini cepat berlalu dan tidak berimbas kepada kita, keluarga dan lingkungan semua khususnya Bener Meriah,” pungkas Haili Yoga. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News