by

Asisten I Buka Kegiatan Evaluasi Kampung Sadar Hukum Se Bener Meriah

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk.Sarkawi, diwakili oleh Asisten I Drs. Mukhlis membuka secara resmi kegiatan kegiatan Evaluasi Desa dan Kampung sadar hukum Se Kabupaten Bener Meriah.

Acara digelar diaula gedung Empu Beru komplek perkantoran Serule Kayu Redelong yang difasilitasi oleh kantor wilayah kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Aceh. Kamis 08/10/2020.

Dalam hal tersebut Asisten I Setdakab Drs. Mukhlis,mengatakan, bahwa ucapan terima kasih dan apresisasi terhadap Kanwil Kemenhum dan HAM Aceh yang sudah memfasilitasi kegiatan yang kita lakukan pada hari ini. kata Mukhlis.

“Berkat Doa kita bersama kegiatan ini dapat terselenggara dan berjalan dengan baik, dan kepada para peserta harus dapat mengambil intisari yang akan disajikan oleh para nara sumber nantinya,” harap Muklis.

Selanjutnya Muklis menjelaskan, yang sebenarnya Aceh ini sudah melekat Adat dan Istiadat di lingkungan kehidupan kita sehari-hari, maka hukum dan itu juga sudah diajari sejak dari lahir akan tetapi itu tidak tertulis.

“Maka dengan adanya hukum dibuatlah pantangan dan larangan serta pedoman didalam kehidupan kita sesuai dengan norma secara tertulis,” Terang Mukhlis.

Sementara kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sasmita,SH, MH, bahwa evaluasi kampung dalam rangka menciptakan SDM. Masyarakat agar sadar hukum dan harus berprilaku berlandaskan hukum yang ada, tujuan untuk meningkatkan Pemahaman kepada masyarakat dan Aparat Desa.

“Didalam kegiatan ini agar orang tua baik bapak maupun Ibu dapat mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat luas agar sadar hukum terutama dalam keluarga dan lingkunganya kita masing-masing,” harap Sasmita.

Disisi yang lain Kabag Hukum  Setdakab Bener Meriah Samusi Purnawira Dade,S.IP, MSi, dalam kegiatan itu juga menyampaikan bahwa Bener Meriah telah membina sebanyak 40 kampung  menjadi kampung sadar hukum.

Tentunya perjalanannya sangat banyak sekali hambatan yang dilalui karena sekarang ini kita juga sedang menghadapi pandemi Covid-19, maka dengan kegiatan evaluasi ini kita dapat memperbaiki kekurangan apa yang telah kita laksanakan. kata Purnawira.

Kegiatan ini juga dihadiri Karutan kelas IIB Bener Meriah Baharuddin, SH, Kabag Tapem Khairmansyah, S.STP, M.Sc, para Reje beserta aparatur kampung dan tokoh masyarakat Kecamatan Bukit.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments