by

Dinas Syariat Islam Gelar Pelatihan Takmir Masjid Se-Bener Meriah

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs. Haili Yoga, M.Si membuka kegiatan Pelatihan Takmir Masjid sekaligus penyerahan cindramata dan nomor unit masjid Se- Kabupaten Bener Meriah.

Dalam hal ini jumlah keseluruhan 201 peserta, yang dibagi menjadi 3 angkatan I, II dan III, kegiatan ini dilaksanakan salama 9 hari dan digelar di Homstay Ujung Bandara, Bale Atu, Kecamatan Bukit. Selasa 20/10/2020.

Kepala Dinas Syariat Islam Bener Meriah, Taslim,S.Ag.M.Sos, menjelaskan, kegiatan pelatihan ini  akan dilaksanakan selama 9 hari kedepan dengan masing masing angkatan akan melaksanakan pelatihan selama tiga hari.

Kemudian pelatihan  Takmir Masjid ini juga di ikuti sebanyak 201 peserta yang di bagi dalam 3 angkatan, masing masing angkatan dibagi dengan jumlah 67 orang peserta. Katanya.

“Kita juga menghadirkan Narasumber untuk pelatihan ini berasal dari BKPRMI Provinsi Aceh diantaranya. Dr. Aulia Rahman, S.Pd.I. MA, T. Adriansyah, Azwir Adnan.S.Pd.I, M.Ag,” ungkapnya.

Sedangkan pemateri dari Bener Meriah sendiri yaitu Tgk.Suhada, S.Pdi, Tgk Ridwan juga Tgk. Hartono, mereka adalah sebagai pengurus dari BKPRMI Kabupaten Bener Meriah sendiri. Kata Taslim.

Sementara dalam pembukaan ini Bupati Bener Meriah, yang disampaikan oleh Sekertaris Daerah, Drs. Haili Yoga, M.Si, bahwa Takmir masjid adalah seseorang yang menjaga dan mengurusi tempat ibadah atau sarana ibadah bagi umat islam yaitu adalah mesjid serta sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan masjid.

Lebih lanjut lagi kata Haili Yoga, dalam rangka pelatihan Takmir Masjid ini para pengurus Masjid itu sendiri mampu melayani dan mempasilitasi bagi setiap orang yang akan melaksanakan ibadah tetapi bukan menjadi penguasa didalam masjid tersebut. terangnya.

Amanah Bupati Bener Meriah melalui kami, kalau lah kita sudah dinobatkan menjadi pengurus masjid, kita harus merubah perilaku dan sikap kita baik dari berpakaian, juga etika kita yang kurang baik maka dengan pelatihan ini harus ada perubahan yang signifikan Harapnya.

Secara tegas kami mengatakan jangan kita menganggap mesjid ini hanya untuk minta tolong kepada yang maha kuasa saja, tetapi mesjid ini adalah tempat wadah untuk menyelesaikan sebuah persoalan dan membahas tentang ajaran ajaran Agama Islam

“Mari sama-sama kita tegakkan untuk sholat berjamaah, baik sholat Subuh, Dzuhur, Ashar, Magrib Isya dan ibadah lainnya secara berjamaah bersama, dan kebersihan mesjid itu adalah tanggung jawab kita bersama,” sebut Haili Yoga.

Terakhir didalam suasana Pandemi Covid-19 ini, kita selalu dalam keadaan bersih dan mempunyai air wudhu, tetap menjaga dan mematuhi Protokol Kesehatan, semoga apa yang didapat nantinya bisa bermanfaat. Tutupnya.

Kemudian Kabid bidang Dakwah dan Pribadatan Alhadi, S.Hi, juga menyampaikan terkait dengan kegiatan ini ada program tambahan yaitu kepada seluruh peserta untuk melaksanakan sholat Tahajut dan Tadarus dan shalat shubuh bersama. Jelasnya.

Semoga apa yang kita pelajari dalam kegiatan ini selama pelatihan berlangsung selama 9 hari ini dapat menjadi sesuatu hal yang positif untuk diri pribadi, keluarga serta orang lain nantinya ditengah tengah masyarakat luas. Terangnya.

Hadir dalam pelaksanaan Ketua DPW BKPRMI Provinsi Aceh, Dr. Aulia Rahman M.Pd, Ketua BKPRMI Bener Meriah Tgk Suhada S.pd.I, Ketua Remaja Masjid Bener Meriah Tgk. Ridwan Azmi, Para Kabid dan Staf Syariat Islam, peserta Pelatihan Takmir serta undangan lainnya. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News