by

Kemenag Bener Meriah Ukur Arah Kiblat Bandara Rembele

Redelong | Lintasgayo.com – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam melakukan pengukuran arah kiblat untuk mushalla yang akan dibangun oleh UPBU Bandara Rembele yang bertempat di Kampung Rembele, Kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah, Senin, 19/10/2020.

Tim kalibrasi kiblat ini dipimpin langsung oleh Kasi Bimas Islam Drs H Sahirman beserta Ambiya Yusri, Juz Amma, serta Amiruddin dari tenaga Ahli BHR Kankemenag dengan KUA Kecamatan Wih Pesam dan Bukit.

“Alhamdulillah untuk pembangunan  mushalla yang berada di Komplek Perumahan Bandara Rembele sudah diukur arah kiblatnya, dan sudah dapat dilakukan pembangunan Musholanya,” tutur Sahirman.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs H Hamdan MA menjelaskan bahwa proses pengukuran untuk penentuan keakuratan arah kiblat dilakukan dengan menggunakan alat Theodolit, yang di mulai pukul 10.00 WIB dan selesai menjelang siang.

Ia juga menjelaskan dalam pengukuran arah kiblat ini sangat diperlukan ketelitian agar tidak bergeser.

“Perlu ketelitian yang tinggi untuk mengukur arah kiblat, sehingga tidak bergeser, karena satu derajat saja selisih maka akan bergeser ratusan kilometer dari Ka’bah,”  jelas Hamdan.

Sementara itu Pihak UPBU Bandara Rembele Faisal ST MT menjelaskan tujuan dilakukan pengukuran arah kiblat di bandara tersebut adalah untuk pembangunan mushalla demi meningkatkan pelayanan para karyawan dalam hal pelayanan ibadah dalam lokasi Bandara yang ada satu-satunya di wilayah tengah Aceh.

Setelah proses pengukuran arah kiblat  selesai, Tim BHR  Kemenag Bener Meriah memberi tanda pada hasil pengukuran dengan menarik garis Arah Kiblat  sebagai tanda untuk memudahkan panitia dalam melakukan pembangunan Mushola yang akan diberi nama Musholla Al-Anshar.(ZK/FG)

Comments

comments

News