by

Bupati, Dalam Waktu Dekat Wamenhan RI Akan Berkunjung ke Bener Meriah

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi, menggelar pertemuan dengan Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamenhan RI) Sakti Wahyu Trenggono, diruang kerja Wamenham jalan Mardeka Barat No 13-14 Jakarta Pusat. Pada Jumat Malam 06/11/2020.

Bupati Tgk. H. Sarkawi menyampaikan bahwa didalam pertemuan tersebut, waktu dekat Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Wamnehan RI) akan berkunjung ke Kabupaten Benrr Meriah untuk menindak lanjuti program ketahanan pangan (Food Estate) di daerah kita.

Lanjutnya Bupati lagi, ini merupakan kali kedua kita mengunjungi Kemenhan RI, yang pertama dulu kita bertemu langsung dengan Inspektor IV Brigjen TNI Yos Triyoso, SE diruang kerja beliau, hari ini kita bertemu langsung dengan Wamenhan RI Bapak Sakti Wahyu Trenggono dengan agenda tentang Program Ketahanan Pangan yang digarap oleh Kemenhan RI. Ungkap Sarkawi.

“Bahwa Ini program yang sangat strategis dari Pemerintah Pusat melalui Kemeterian Pertahanan. Presiden Joko Widodo memiliki rencana untuk memperluas pembangunan lumbung pangan atau food estate untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional. Wilayah yang menjadi sasaran untuk pembangunan food estate ialah Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan, hingga Papua,” sebutnya.

Tetapi melihat kondisi lahan yang tersedia serta bebarapa pertimbangan lainnya, maka Kabupaten Bener Meriah Provinsi Aceh termasuk salah satu yang dihandalkan, jadi kita bersyukur, dan selalu satuny membangun berkomunikasi secara intens, seperti yang kita lakukan hari ini. terang Sarkawi.

“Hal itu sudah dikemukan langsung oleh Tim Kemenhan RI yang berkunjung ke Bener Meriah beberapa waktu yang lalu diketuai oleh Kolonel Yayan Sugiana yang dalam pertemuan tadi juga didampingi oleh Beliau,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati Sarkawi, bahwa Program Ketahanan Pangan Kemenhan RI tentang Lumbung Pangan (Food Estate) ini bertujuan untuk membangun program cadangan ketahanan pangan strategis nasional untuk beberapa komoditi utama ketahanan pangan nasional. Program ini akan digarap oleh Kemenhan RI dari hulu ke hilir, dari produksi hingga pengolahan produk utama dan turunan hingga pemasarannya.

“Pada Intinya Kementerian Pertahanan menginginkan adanya peningkatan dari segi ketahanan pangan gunanya adalah untuk mengantisipasi dampak wabah yang sekarang ini melanda hamipr seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia kususnya Bener Meriah yaitu Covid-19 yang bisa saja terjadi kembali di masa depan,” sebut Sarkawi.

“Kita juga mengetahui Pandemi Covid-19 ini telah berdampak, tidak hanya pada kesehatan tetapi juga berdampak terhadap ketahanan ekonomi nasional. Dalam Militer kata Bupati, Belajar dari sejarah perang, kalau kita miliki senjata tanpa kekuatan cadangan pangan akan kocar kacir dan musuh akan sulit untuk ditaklukan,” jelasnya.

Maka dari itu Kabupaten Bener Meriah sangat-sangat siap untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Kemenhan RI, dan kita juga sudah menyiapkan lahan seluas 30.000 hektar yang tersebar mulai dari Kecamatan Pintu Rime Gayo sampai ke Kecamatan Syiah Utama, Samar Kilang.

Kemudian daripada itu kita sampaikan dan ini juga masih berproses, mari kita brrsama sama dan meminta doa dari seluruh warga masyarakat Bener Meriah, semoga ini cepat terlaksana secepatya. Tutup Sarkawi.(Putra Mandala/FG).

Comments

comments

News