by

PKU Bukti Nyata Keseriusan Pemkab Bener Meriah dan MPU

Redelong | Lintasgayo.com – “Pemeritah daerah sangat mendukung, mengapresiasi sekaligus mendukung penuh Pendidikan Kader Ulama (PKU) Tahun 2022 yang diinisasi oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah, ini bukti nyata bahwa Pemkab bersama MPU Kabupaten Bener Meriah sangat serius dalam mencetak dan mempersiapkan generasi penerus ulama”.

Banner

Demikian disampaikan oleh Pejabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dalam sambutan dan arahnya pada sa’at membuka kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah, di Homestay Cafe Rembele Bale Atu Kecamatan Bukit, Senin, 15/8/ 2022.

hal. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si lebih lanjut mengatakan, pada hari ini ada harapan yang sangat khusus bagi masyarakat terkait dengan dorongan keinginan dan kemauan masyarakat untuk menunaikan keinginan dan kemauan masyarakat untuk menunaikan shalat di masjid-masjid, meunasah di lingkungan mereka masing – masing-masing, semoga ini bisa tetap dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi, harapnya.

“Apa yang kita lihat hari ini, ini merupakan magnit tersendiri bagi kita sebagai umat beragama Islam, terutama dalam menjaga shalat lima waktu untuk meraih pahala yang berlipat ganda,” ujar Drs. Haili Yoga, M.si.

Menurut Drs. Haili Yoga, M.Si, apa yang sudah digagas dan direalisasikan oleh MPU Kabupaten Bener Meriah ini adalah salah satu upaya dan langkah antara umarah dan ulama dalam meningkatkan peran generasi muda sebagai juru dakwah terdepan dalam pengembangan dan penegakan syariat islam di daerah Kabupaten Bener Meriah ini , sebutnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si juga mengungkapkan,melalui Pendidikan Kader Ulama ini, kami sangat berharap kepada genarasi muda khususnya dan ulama pada umumnya untuk dapat mendukung dan memperkuat program-program Pemerintah, terutama dalam hal penegakan syariat islam di Kabupaten Bener Meriah ini, harapnya.

Sementara Ketua MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani dalam Khutbah Iftitahnya menyampaikan, Pendidikan Kader Ulama (PKU) ini bertujuan untuk mewujudkan pemahaman kader ulama yang dibina tentang azas-azas dasar agama. Dengan adanya pemahaman tentang agama Islam ini, para kader nantinya diharapkan dapat menjadi penyaring awal bagi masyarakat dimana nantiny mereka berdomisili, katanya.

“Kita berharap melalui PKU ini, para generasi muda khususnya para kader yang mengikuti Pendidikan ini bisa mewujudkan apa yang menjadi harapan dari MPU dan pemerintah daerah Kabupaten Bener Meriah, insyaallah,” pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Sekretariat MPU Anwra, S.Pd sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan melaporkan, kegiatan yang dilakukan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya genarasi muda, juga meningkatkan peran ulama agar lebih menggali, mendalami, dan memahami ajaran Islam dari sumber yang terpercaya, yang akan disampaikan oleh para na sumber nantinya, ujarnya.

Dijelaskan oleh Anwar, S.Pd, nanti para peserta yang terdiri dari 50 pserta putra dan putri dari 10 Kecamatan akan mendapatkan dan pendidikan terutama yang berkaitan dengan ilmu – ilmu agama Islam dalam memberikan ceramah, dakwah ditengah – tengah masyarakat, ujarnya.

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 20 hari (15 Agustus sampai 3 September 2022, dengan narasumber dari MPU Provinsi Aceh dan MPU Kabupaten Bener Meriah.

Hadir dalam pembukaan tersebut diantaranya, Dandim 0119/BM Letkol Letkol Inf. Eko Wahyu Sugiarto, Plt. 1 Khairmansyah, S.IP, M.Si, Kadis Syariat Islam Taslim, S.Ag, M.Sos, Wakil Ketua 1 MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Abdurrahman Lamno, S.Sy, Wakil Ketua MPU Aceh H. Abon Dr. Tgk. H. Muhibbuthabari, M.Ag dan undangan lainnya. (*)

Comments

comments