by

Kampung Kompeten Mandiri Berbasis Kawasan Akan Lahir Di Bener Meriah

Sekretaris Daerah Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si membuka kegiatan sosialisasi dan penandatanganan komitmen bersama pembentukan Gampong Kompeten Mandiri Berbasis Kawasan, digelar di Aula UPTD BLK Disnakertran Pante Raya Kecamatan Wih Pesam. Rabu 18/11/2020.
Sekretaris Daerah Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si membuka kegiatan sosialisasi dan penandatanganan komitmen bersama pembentukan Gampong Kompeten Mandiri Berbasis Kawasan, digelar di Aula UPTD BLK Disnakertran Pante Raya Kecamatan Wih Pesam. Rabu 18/11/2020.

Bener Meriah | Lintasgayo.com – Sekretaris Daerah Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si membuka kegiatan sosialisasi dan penandatanganan komitmen bersama pembentukan Gampong Kompeten Mandiri Berbasis Kawasan, digelar di Aula UPTD BLK Disnakertran Pante Raya Kecamatan Wih Pesam. Rabu 18/11/2020.

Sekda menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ir. Samsul Kamal dan Teguh Sulistiyono, S.E., M.Si Perwakilan dari Dinas Transmigrasi Provinsi Aceh dan sekaligus menyampaikan salam dari Bupati Bener Meriah Tgk. H, Sarkawi.

Dengan semangat dari Undang-Undang Desa untuk melahirkan Kampung/Desa maju dan mandiri tentu tak bisa dilakukan secara parsial, karena disitu mungkin akan ada kendala dalam membangun Kampung/desa, tentu akan menjadi bagian dari dinamika masyarakat.

Dalam mengawal perubahan, jika sebelumnya kampung hanya memikirkan dan mengenai kampungnya sendiri, tanpa melakukan sinergi dan koordinasi serta komunikasi dengan kampung  tetangganya. Maka secara geografis dan kawasan berdekatan, pembangunan desa kawasan adalah ikhtiar baru pemerintah untuk menuju kemandirian desa itu sendiri.

Lebih lanjut dalam kegiatan tersebut Sekda mengatakan, untuk menuju kampung yang kompeten mandiri berbasis kawasan  memang diperlukan perencanaan kawasan perdesaan dengan masterplan desa sebagai penentu arah pengembangan desa secara berkelanjutan disinilah pentingyan dokumen dan data dari suatu desa. Tegas Haili Yoga.

“Kita bukan lagi berbicara tentang output tetapi mulai sekarang kita harus berbicara tentang outcome atau hasil, desa kedepannya harus berinovasi melakukan perubah untuk kemajuan desa dan masyarakatnya, kata kuncinya adalah Reje Kampung yang bersangkutan bersama perangkatnya,” katanya.

Pemerintah kabupaten Bener Meriah sangat mengapresiasi dan mendukung penuh terhadap apa yang dilakukan ini sangat didukung penuh. “Dengan adanya kegiatan sosialisasi gampong kompeten mandiri berbasis kawasan ini, karena pada tahun 2019 yang lalu Bener Meriah termasuk dalam program pengawasan, tentu ini harus kita pertahankan,” ujar Haili Yoga.

Selanjutnya Sekda juga mengungkapkan, pada tahun ini  dalam pemberian sertivicate transmigrasi sudah cukup baik, harapan kita kedepan akan semakin meningkat, inilah bentuk keseriusan Kabupaten Bener Meriah dalam mengembangkan gampong yang kompeten. Imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga kami tekankan kepada para Reje Kampung agar membuat program –  perogram untuk kedepannya dalam membangun desa yang mandiri berbasis kawasan. Objek wisata yang ada didesa harus dikembangkan, mari kita jaga bersama karna itu adalah hadiah terindah dari Allah SWT buat kita bersama.

Termasuk mendorong desa menjadi sejahtera dan mandiri adalah tanggung jawab semua pihak, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, baik desa maupun pemerintah daerah saja, melainkan keterlibatan semua pihak menjadi mutlak adanya.

“Kesejahteraan masyarakat kampung, kemajuan kampung dan kemandirian kampung. Tidak akan terwujud manakala seluruh elemen masyarakat dari berbagai kalangan tidak berpartisipasi dalam membangun kampung,” lanjutnya

“Maka oleh karena itu semua stakeholder harus bersatu padu agar kesejahteraan kampung dan masyarakatnya benar- benar  terwujud dengan nyata,” pungkasnya.

Terkait dengan sosialisasi dan penandatanganan komitmen bersama pembentukan gampong kompeten mandiri berbasis kawasan ini adalah Kampung  Teget Kecamatan Pintu Rime Gayo dan Kampung Wihni Duren Kecamatan Syiah Utama, yang dihadiri 64 orang peserta  dari masing masing perwakilan warga  transmigrasi. Tutupnya.

Disamping itu dihadiri juga Staf ahli Bupati Bidang Keistimewaan dan SDM Abdul Kadir, ST. M.Si, Asisten I Drs. Mukhlis, Asisten ll Abdul Muis, SE. MT, Asisten lll Drs. Suarman, MM, Kadis Transmigrasi Hasbullah, Kadis DPM- PTSP drh. Sofyan, Kadis Pendidikan Dayah Sabarudin, SE, para perwakilan  Bank  Cabang Bener Meriah, Camat,Kepala UPT SP2, Mukim, Reje Kampung dan undangan lainnya. (Putra Mandala)

Comments

comments

News