by

Pemda Bener Meriah Resmi Louncing Gedung Barista Coffee BLK Lut Kucak

Redelong | Lintasgayo.com – Dalam rangka pembukaan gedung peningkatan penerapan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan tekhnisi sepeda motor (Otomotif) dan Kejuruan Pariwisata (Barista Coffee) di Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, BLK, Kampung Lut Kucak, Kecamatan Wih Pesam, Bener Meriah. Sabtu 25/07/2020.

Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi, saat diacara tersebut juga sangat berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Aceh atas kunjungan dan dukungannya terhadap keberadaan daripada gedung Balai Latihan Kerja (BLK) ini. Yang sekaligus ikut membuka dengan Louncingnya Gedung Barista Coffee.

Menurut Tgk. Sarkawi, pertama sekali bahwa, baru kali ini ada kegiatan yang diselenggarakan dan dalam hal kegiatan ini, banyak yang kita persiapkan untuk kelanjutannya. Masih kurangnya masalah atau berokrasi serta perlunya kita belajar juga, yang terpenting Ilmu yang sangat kita butuhkan itu sangat penting.

Justru dari itu didalam kita melaksanakan pelatihan dan nantinya akan bermanfaat terhadap semua peserta, termasuk kita harus mengetahui daerah gayo itu bukan hanya kaya dengan kopi tetapi bagaimana caranya bisa selain kopi itu kita memproduksi yang lain menjadi suatu produk yang belum ada.

Disamping itu perkebunan kopi di tanah gayo ini kurang lebih mencapai 52.000 hektar dan setiap tahun terus bertambah, dengan hasil 800 ton dengan harga 40 ribu saja sudah mencapai 40 juta Dolar, kalau harga kopi 60 x 2 sudah mencapai 150 juta dolar.

Bupati mengungkapkan, selama ini hanya dijual Gren Bean, perharinya kopi roasting 3 ton dikirim ke pulau jawa, kalau kita olah akan luar biasa, kalau sudah dirosting 250 ribu perkilo, tetapi hanya 14 persen, maka dari itu kita butuh skil dari putra daerah sendiri.

Maka dari itu di BLK sendiri saat ini sudah tersedia beberapa gedung dan jurusan seperti Gedung Otomotif, Menjahit dan Bordir, listrik, Elektro dan jurusan Las serta Gedung Pengolahan Hasil Pertanian (PHP).

Pada dasarnya kalau kita sudah mempunya skil dan keahlian mungkin tidak usah menjadi PNS, karena kita sudah pasti ada minat, buat program sendiri, perlu kita ketahui bersama sumber rejeki itu yang sebenarnya ada di bidang perdagangan jadi mari kita kembangkan.

“Kita berharap atas dukungan dari Pemerintah Aceh terhadap BLK Redelong, buat semua peserta agat menekuninya agar menjadi tenaga kerja yang handal dalam berinovasi membangun daerah dengan skil yang dimiliki agar terwujudnya lapangan kerja yang mandiri dan trampil dalam mengembangkan suatu keahlian yang dimiliki,” ujarnya.

Secara resmi Lounching peresmian gedung pelatihan berbasis kompentensi kejuruan pariwisata (Barista Coffee) dibuka oleh Tgk. H. Sarkawi dan didampingi Kadis Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, An.Ir. Iskandar Sukri. MM. MT.

Dilanjutkan pemotongan pita dibangunan gedung Barista Coffee, dan pengecekan beberapa gedung lainnya Tgk.H.Sarkawi bersama Sekda Drs. Haili Yoga.M.Si, Kadis Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk Aceh, Ir. Iskandar Sukri, Asisten II Setdakab, Abdul Muis, Ketua Komisi D DPRK Herman Ramli,.

Ditambah dan hadir Danramil Wih Pesam Kapten Inf. Trimo, Kadis Kominfo Riswandika Putra, Kadis Parpora Irmansyah, Kepala Inspektorat Bener Meriah, Mawardi, Ketua TP PKK Ny. Nikmah Sarkawi, Ketua Darma Wanita Bener Meriah, Risnawati dan undangan lainnya.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News