by

Kanwil Kemenag Aceh Gelar Rakor Bimas Islam di Kementerian Agama Bener Meriah

Redelong|Lintas Gayo.com – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf melaksanakan Rapat Koordinasi Bimbingan Masyarakat Islam, di aula Kantor Kementerian Agama Bener Meriah. Kamis (16/9/2021).

Rapat Koordinasi (Rakor) yang bertemakan Bersama mengawal harta agama ini diikuti oleh para Kepala Seksi Bimas Islam, dan Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf dalam Provinsi Aceh.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Bener Meriah Drs H Hamdan MA menyampaikan bahwa Bener Meriah memiliki 10 Kecamatan, dan satu KUA belum dibangun.

“Insya Allah dan mudah-mudahan Kecamatan Bener Kelipah mendapat anggaran SBSN untuk tahun depan,” ujar Hamdan.

Hamdan juga menyampaikan, bahwa sejumlah tanah wakaf di Bener Meriah telah bersertifikat, sedangkan yang belum Kantor Kementerian Agama Bener Meriah bekerjasama dengan Baitul Mal akan segera menerbitkan sertifikat.

Hamdan mengatakan, di Kemenag Bener Meriah telah mengembangkan sejumlah Wakaf Produktif, diantaranya Kantin Wakpro, Penanaman 120 Batang Alpukat dan 1000 Kopi Robusta di Blang Rakal, 100 batang durian di belakang Kantor Urusan Agama Pintu Rime Gayo.

Hamdan juga mengungkapkan bahwa hasil dari produktivitas Kantin Wakaf Produktif telah menyantuni sejumlah anak yatim.

Mantan Kabid Urais Binsar Kanwil Kemenag Aceh ini berharap semoga wakaf produktif di Bener Meriah dan Kabupaten lain dapat berkembang demi umat yang cemerlang.

Sementara itu, dalam arahan dan bimbingan Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat Wakaf Drs Azhari menyampaikan, bahwa dengan pelaksanaan rakor ini akan menghasilkan data wakaf yang valid dan akuntabel di seluruh aceh.

Selain itu Azhari menyampaikan, pendataan penyuluh di seluruh aceh juga akan divalidkan, begitu juga dengan pendataan seni budaya islam dan ormas islam.

“Harapan kita dengan rakor ini mendapatkan data yang akurat dan akuntabel,” pungkas Azhari.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Badan Wakaf (BWI) Indonesia Provinsi Aceh, Ketua BWI Bener Meriah, Kepala Kakankenag Aceh Utara dan Sabang, Ketua Baitul Mal Bener Meriah, Ketua LPTQ Bener Meriah, Kasubbag TU dan Para Kasi Kementerian Agama Bener Meriah dan Ketua Pokjaluh di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Bener Meriah. ( Alfazri / Syah Antoni ).

Comments

comments