by

Sekda Aceh Tengah Hadiri Rakor Satgas Saber Pungli

Takengon | lintasgayo.com -Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP.,MSi menghadiri Rapat Koordinasi Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Kabupaten Aceh Tengah, Jum’at (27/05) siang, bertempat di Aula Kamtibmas Mapolres setempat.

Banner

Giat rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Saber Pungli Aceh Tengah yang dijabat secara ex officio oleh Wakapolres Komisaris Edwin Aldro, dan dihadiri oleh unsur terkait diantaranya dari Kepolisian, Kejaksaan, perwakilan MPU, dan Inspektorat yang tergabung dalam unsur Tim Saber Pungli.

Kompol Edwin Aldro mengatakan tujuan dari Rapat Koordinasi ini adalah untuk meningkatkan sinergitas Tim Saber Pungli baik Aparat Penegak Hukum (APH) San juga Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) serta dalam langkah untuk menciptakan pelayanan yang baik, cepat dan bersih, terutama sekali dalam upaya mewujudkan Aceh Tengah Bersih dan Bebas Pungli.

“Melalui Rakor ini, kita ingin membentuk Tim Satgas yang dapat bekerja dengan solid dalam upaya meningkatkan kinerja dan mendukung peningkatan pelayanan publik menuju Aceh Tengan Bersih dan Bebas Pungli,” ujar Aldro.

“Disamping juga sebagai sarana untuk menampung masukan-masukan dari unsur Tim Satgas untuk kemajuan dan memaksimalkan kegiatan Saber Pungli,” sambungnya.

Aldro juga mengingatkan bahwa Tim Satgas Saber Pungli perlu meningkatkan sosialisasinya dimasyarakat agar praktik pungli dapat dicegah dan diberantas.

Sementara itu Sekda Subhandhy yang hadir mewakili Bupati dalam kapasitasnya selaku Penanggungjawab Tim Satgas Saber Pungli Kabupaten Aceh Tengah menyebutkan kehadiran Tim Saber Pungli merupakan keinginan dari sebagian besar masyarakat dan juga menjadi salah satu langkah mewujudkan Kabupaten Aceh Tengah yang bersih dari praktik-praktik pungutan liar.

Dikatakannya, ditahun ini Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah menerbitkan Keputusan Bupati mengenai Susunan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar di kabupaten berjuluk negeri diatas awan itu.

Harapannya, Tim yang telah terbentuk akan komitmen menjalankan tugas maupun program kerja dengan transparan, akuntabel dan profesional dalam pencegahan pungli. Pihaknya meminta agar seluruh unsur Tim yang telah terbentuk ini dapat saling berkoordinasi untuk meningkatkan upaya pencegahan, seperti sosialisasi maupun kegiatan preventif lainnya tentang pungutan liar.

“Tentunya harapan kita bersama Tim ini dapat bekerja dengan baik dan saling berkoordinasi serta fokus dalam pencegahan pungli,” terang Subhandhy.

Sekda juga mengingatkan agar kinerja Tim Saber Pungli harus optimal dan menyentuh ke masyarakat, terutama sekali dalam pencegahan maupun pemberantasan pungutan liar di sentra-sentra pelayanan publik.

“Mudah-mudahan kehadiran Tim ini bisa memberikan perubahan yang nyata didaerah kita terkhusus bagi pungutan liar yang masih sering terjadi dan kerap dikeluhkan masyarakat.” Pungkas Subhandhy.

(Mhd)

Comments

comments