by

Bulan Imunisasi Anak Resmi Dimulai Di Gayo Lut

Takengon | lintasgayo.com – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar mencanangkan secara resmi dimulainya pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tingkat Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2022 yang dipusatkan di Kampung Kuteni Reje Kecamatan Lut Tawar, Senin (06/06).

Banner

Dalam sambutannya, Bupati Shabela mengatakan pentingnya dukungan seluruh orang tua agar membawa anaknya ke titik-titik pelaksanaan imunisasi. Menurutnya, hal ini penting dilakukan agar anak-anak di Kabupaten Aceh Tengah terhindar dari berbagai penyakit.

Bupati menuturkan, imunisasi yang tidak diberikan kepada anak dan balita, berpotensi mengakibatkan anak tersebut terjangkit berbagai penyakit infeksi seperti campak, Rubella, difteri, polio, cacar dan lain sebagainya, yang mana dampak paling parah bisa menyebabkan kematian pada anak.

“Oleh karena itu, penyuntikan imunisasi untuk anak sangat penting dilakukan, agar kesehatan anak dapat terjaga hingga menjadi dewasa,” ingat Shabela.

Shabela mengingatkan, dengan pencanangan BIAN 2022 ini, seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan bahu membahu menyebarluaskan informasi pada setiap kesempatan, serta menggerakan orang tua dan masyarakat terutama yang memiliki anak kecil, untuk sesegera mungkin membawa sang anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan imunisasi rutin.

“Dengan pencanangan BIAN 2022 ini, kami mengajak semua masyarakat yang memiliki bayi atau balita, untuk segera ikut imunisasi,” lanjutnya.

“Dan setelah pencanangan BIAN ini, saya berharap akan adanya komitmen dan dukungan dari semua sektor untuk dapat mensukseskan pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Nasional khususnya di Kabupaten Aceh Tengah, sehingga apa yang menjadi tujuan kita untuk melindungi anak dari penyakit dapat dicegah dengan imunisasi.” Tutup Shabela.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah dr. Yunasri dalam laporannya menyebutkan program BIAN ini akan dilakukan selama satu bulan dengan sasaran adalah untuk pencapaian imunisasi lanjutan, juga imunisasi tambahan.

“Sehingga anak-anak yang belum lengkap imunisasi dasar dan lanjutannya akan kita lengkapi terus melalui program ini, disamping sekaligus juga memberikan imunisasi tambahan campak Rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun.” Terang dr. Yunasri.

Penting diketahui, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi dengan pemberian imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis imunisasi campak Rubella secara masal pada usia 9 bulan sampai dengan kurang dari usia 15 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya dan juga kegiatan imunisasi Kejar berupa pemberian satu atau lebih jenis imunisasi pelengkap seperti imunisasi polio dan DPT-HB-Hib untuk melengkapi status imunisasi anak usia 12 sampai dengan 59 bulan.

Tema yang diusung dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022 ini yaitu “Mewujudkan Anak-Anak Aceh Tengah yang Sehat dan Produktif”. (Rel/LG010)

Comments

comments