by

Pj Bupati Bener Meriah Ingatkan Kader PKU Harus Makmurkan Masjid

Redelong | Lintasgayo.com – Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si menutup secara resmi kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang diselenggarakan mulai tanggal 15 Agustus sampai dengan 3 September 2022 oleh Pemkab melalui Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bener Meriah dan dipusatkan di Rembele CafĂ© Bale Atu Kecamatan Bukit, Sabtu, (3/9/2022) sore.

Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si dalam kata sambutan dan amanatnya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada MPU, Kepala Sekretariat MPU dengan seluruh panitia yang terlibat dan juga kepada seluruh peserta yang berjumlah 50 orang dari seluruh wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Lebih lanjut disampaikan oleh Pj. Bupati, apa yang sudah diprogramkan oleh MPU Kabupaten Bener Meriah mari kita dukung dan apresiasi, ini adalah salah satu uang mulia yaitu program Pendidikan Kader Ulama (PKU) disamping program – program lainnya, semua itu adalah untuk kemaslahatan umat.

“20 hari para kader penerus dan penyambung lidah ulama ini di didik dengan berbagai program, khusus menyangkut dengan ilmu-ilmu agama, jadi ini adalah program yang sangat mulia,” tegas Drs. Haili Yoga, M.Si.

“Saya berharap dan berpesan, setelah mendapatkan pendidikan dalam pelatihan ini, dan kembali ketempat asal, semoga seluruh perserta bisa dan mampu menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat, ajaklah masyarakat kejalan yang baik dan benar, jalan yang diridho Allah SWT serta mengambil peran dan andil dalam membangun umat, memakmurkan Masjid dan shalat berjema’ah,” Drs. Haili Yoga, M.Si mekekankan.

Sementara Ketua MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani dalam dalam Khutbah Iftitamnya menyampaikan, PKU ini adalah salah satu program prioritas  baik ditingkat povinsi ataupun ditingkat kabupaten, yaitu program untuk mencetak kader ulama kedepan, katanya.

Lebih lanjut disampaikannya, dalam PKU ini kurang lebih tema yang sudah disampaikan yaitu 9 (Sembilan) tema, dalam kurun waktu 20 hari. Kepada anak-anak kami ini adalah suatu sinaran dan cahaya kedepan dikalangan masyarakat khususnya di Kabupaten Bener Meriah, dalam kesempatan PKU ini adapa banyak poin yang kita peroleh atau yang kita dapat satu diantara sekain banya adalah, secara ilmu kami salut dan angkat tangan, bukan kami ingin merubah apa yang kalian temukan secara keyakinan yang didapatkan selama ini, tetapi kami hanya ingin menambah yang menurut para ulama baik menurut ajaran Islam.

“Lihat secara nyata kalau memang darah itu adalah rasanya asin, secara yakin dan mata melihat, tapi jangan haqqul yaqin dulu bahwa darah itu asin, kalian akan betul – betul yakin rasa darah itu asin setelah kalian mencicipinya,” tegas Tgk. Almuzani.

“Kami yakin dan percaya bahwa kalian ini adalah generasi – generasi penerang ditengah masyarakat kedepannya, tahun 2022 ini kami sengaja memilih dari masing-masing kecamatan 5 orang yang telah mampu membaca kita kuning.” Tambahnya.

Tgk. Almuzani diakhir khutbah iftitiamnya menekankan, agar ilmu yang didapat dalam waktu 20 hari kebelakang dari pada pemateri diterjemahkan ditengah – tengah masyarkat kita, ditengah – tengah umat agar supay masyarakat dan umat tidak tersesat, Amiiin, tutup Ketua MPU Kabupaten Bener Meriah itu.

Diakhir kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pengumuman sekaligus penyerahan penghargaan kepada  peserta terbaik yaitu untuk putra, Faisal Halil, Djayadi Puja Kusuma, dan Al Zikri sedangkan untuk putri adalah, Evi Mariana, Sherly Karlinda dan Ratna Julita.

Hadir dalam penutupan PKU tersebut diantaranya, Wakil Ketua MPU Aceh H. Abon Dr. Tgk. H. Muhibbuthabari, M.Ag, Wakil Ketua 1 MPU Kabupaten Bener Meriah Tgk. Abdurrahman Lamno, S.Sy, Wakil Ketua II Tgk. Husaini Sasah, S.Sy, Kepala Sekretariat MPU Anwar, S.Pd, para Ketua Komisi MPT beserta denga seluruh anggota, para Kepala SKPK dan undangan lainnya.  (*)

 

Comment

Comments are closed.