by

Mirzuan Pawai Budaya Keberagaman Menjadi Kekuatan

Takengon | lintasgayo.com – Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan menyaksikan iringan berbagai macam pertunjukan dalam acara pawai budaya yang dilangsungkan dalam rangka memeriahkan HUT Kute Takengen Ke-446, Kamis (16/02/2023).

Terlihat, jajaran unsur pimpinan daerah dan kepala organisasi perangkat daerah hingga masyarakat, tumpah ruah memenuhi sempadan jalur lintasan parade pawai budaya yang diikuti para siswa TK hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang berada diseputaran Kota Takengon.

Ditemui disela-sela acara, T. Mirzuan mengaku sangat menikmati pawai budaya tersebut. Ia menilai Kabupaten Aceh Tengah, khususnya diseputaran Kota Takengon adalah masyarakat yang heterogen, dan semua etnis yang ada hidup rukun berdampingan.

“Keberagaman ini menjadi kekuatan kita dalam pembangunan Kota Takengon. Sudah selayaknya kita bergotong royong membangun Aceh Tengah dengan semangat keberagaman,” ujar Mirzuan.

Mirzuan berharap, agar kegiatan seperti ini dapat terus digalakan, karena dapat mengekspose khasanah dan kekayaan budaya serta sebagai wujud kebhinekaan yang selama ini telah terjalin di Kabupaten Aceh Tengah.

“Inilah kekayaaan sekaligus kekuatan daerah kita. Jadi mari terus kita pelihara dan jaga.” Tutupnya.

Dalam penyelenggaran pawai budaya yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tengah ini, mengedepankan konsep keberagaman etnis suku bangsa yang ada di Indonesia, terutama dari Provinsi Aceh dan suku-suku di Pulau Sumatera. Mulai dari pakaian dan pernak-pernik Baju Kerawang Gayo, baju adat Aceh, Batak, Minang, Jawa, Sunda, Dayak, hingga pakaian adat etnis Cina.

Selain itu, iring-iringan marching band dan pertunjukan seni dari berbagai daerah turut menyemarakkan pawai budaya yang digelar dengan melintasi sejumlah ruas jalan utama di Kota Takengon tersebut.

Untuk diketahui, sebagaimana dikonfirmasi dengan Dinas Dikbud Kabupaten Aceh Tengah, kegiatan pawai budaya Tahun 2023 ini diikuti sedikitnya 30.000-an siswa dari berbagai jenjang sekolah. (Rel/LG010)

Sekolah yang paling baik berdasarkan penilaian Tim Juri, akan diberikan apresiasi yang hadiahnya akan diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Aceh Tengah pada malam resepsi HUT Kute Takengen Ke-446 Tahun 2023. (IMH/ProkopimAT)

Comments

comments