by

Pesantren Nurul Islam Blang Rakal Selenggarakan Upacara Pembukaan Penilaian Akhir Tahun Pembelajaran

Blang Rakal | Lintasgayo.com – Pesantren Terpadu Nurul Islam Blang Rakal Kabupaten Bener Meriah menyelenggarakan upacara pembukaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2023/2024. Bertepatan dengan hari kelahiran pancasila.

Upacara PAT dilaksanakan dilapangan pesantren Nurul Islam diikuti oleh Seluruh siswa/wi dan seluruh unsur civitas pesantren. (1/06/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran selama satu semester, melalui penilaian ini guru dapat menilai dan mengukur keberhasilan dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik, begitu juga dengan santri terhadap guru yang telah menyampaikan materi pembelajaran selama satu semester.

Ustadzah Yuni Nurlaili, S. Pd. I., M. Pd. Selaku Ketua Panitia Penilaian Akhir Tahun melaporkan bahwa, ujian telah dilaksanakan sejak 25-30 Mei 2024 diawali dengan ujian amaliah yaumiyah, ujian lisan Bahasa Arab dan ujian lisan Bahasa Inggris. Untuk ujian tulis akan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 11 Juni 2024 baik pelajaran umum maupun pelajaran pesantren.

Setelah ujian tulis selesai, akan dilanjutkan dengan ujian susulan pada tanggal 12-13 Juni 2024. Penilaian Akhir Tahun (PAT) akan diikuti oleh 114 santri tingkat MTs, 89 santri tingkat MA dan 35 santri tahfidz.

Terpisah dengan Pimpinan Pesantren Terpadu Nurul Islam yang diwakili Ustadz Jured, S. Pd., dalam arahannya menyampaikan bahwa bilimtihaani yukromul mar’u au yuhaanu (Dengan ujian seseorang akan dimuliakan atau dihinakan).

“Dengan dilakukannya ujian maka seseorang akan mulia apabila mendapatkan hasil yang baik, tapi sebaliknya seseorang akan dihinakan apabila mendapatkan hasil yang buruk” Pungkasnya.

Pantauan media ini diakhir acara Ustadz Dimaz Safitra, S. Pd., membacakan tata tertib pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2023/2024 dan ditutup dengan pembacaan do’a oleh Ustadz Rahmanuddin.(Pining79/Rill)

Comments

comments