Pameran Seni Rupa, Industri Kreatif Tantangan Dunia

Padangpanjang | Lintas Gayo – Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Padangpanjang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Padangpanjang. Melaksanakan pameran atara karya mahasiswa dan dosen ISI Padangpanjang dengan industri kerajinan Sumatera Barat serta 3 SMK seni kerajinan di Sumatera Barat. Pameran bertempat di Gedung Syafei Kota Padangpanjang. Acara tersebut diresmikan oleh Walikota Padangpanjang diwakili oleh Asisten I Drs. Tarmizi Aritu.

Rektor ISI Padangpanjang Prof. Dr. Mahdi Bahar, S.Kar.,M.Hum, mengatakan ā€œKegiatan seperti ini adalah ruang pembelajaran untuk mahasiswa dan dosen ISI Padangpanjang, Pemerintah Kota Padangpanjang, Industri kerajinan dan sekolah-sekolah yang juga berpatisipasi dalam pameran iniā€ katanya.

Prof. Mahdi Bahar menambahkan, Industri Kreatif merupakan tantangan dunia, semua kemajuan zaman seperti teknologi memerlukan kreatif. Sedangkan kreatif itu sendiri berangkat dari ā€œArtā€ atau seni.

ā€œKemajuan teknologi ditentukan oleh desain, untuk menciptakan desain yang indah diperlukan pemegetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang seni. Dengan demikian seni akan menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan,ā€ tambahnya.

Wali Kota Padangpanjang diwakili oleh asisten I Drs. Tarmizi Aritu menjelaskan pameran ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah kota Padangpanjang dengan ISI Padangpanjang. Ini merupakan tindak lanjut nota kesepakatan di bidang pembangunan seni budaya dan pemanfaatan sumber daya akademik. Sehingga akan terwujud maksud dan tujuan kegiatan kerjasama ini dalam rangka meningkatkan dan mengembangakan potensi yang ada di kota Padangpanjang. kegiatan ini juga wadah promosi dan pengembangan seni budaya daerah.

Sementara Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Drs. Erizal, MM memaparkan kegiatan ini merupakan apresiasi ISI Padangpanjang kepada masyarakat umum.

ā€œMelalui pameran ini masyarakat umum dapat langsung menyaksikan karya-karya mahasiswa dan dosen serta karya pengrajin yang ada di Sumatera Barat. Biasanya ISI padangpanjang melaksanakan pameran di kampus sedangkan sekarang pameran dilaksanakan di tengah-tengah masyarakat,ā€ Paparnya.

Disisi lain, ketua panitia pameran Wisnu Pratawa, S.Sn.,M.Sn mengatakan pameran ini akan belangsung selama tiga hari (13-15 Juli 2012). Adapun peserta yang ikut dalam pameran tersebut antara lain karya mahasiswa dan dosen jurusan kriya, jurusan seni murni, fotografi dan film Fakultas Seni Rupa dan Desain ISI Padangpanjang. Kemudian karya siswa SMKN 1 Padangpanjang, SMKN 1 Ampe Angkek, SMKN 4 Padang, SMKN 8 Padang, Industri binaan Koperindag Pemko Padangpanjang, kerajinan kulit Padangpanjang dan Tenun Pande sikek (Ahyana Collection),ā€ tuturnya. (Ansar Salihin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.