Pawai Obor Berlangsung Lancar di Bener Meriah dan Aceh Tengah


Redelong | Lintas Gayo – Kegiatan pawai obor (Taptu-red) menyambut peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67, 17 Agustus 2012 di Bener Meriah dan Aceh Tengah berlangsung lancar walau dilanda hujan gerimis yang terjadi sejak sore, 16 Agustus 2012.

Di Bener Meriah, dilaporkan Taptu dipimpin langsung oleh Bupati Bener Meriah Ir. Ruslan Abd. Gani, juga dihadiri wakil Bupati Drs. Rusli M Saleh serta anggota DPRK beserta unsur Muspida, TNI, Polri, Satpol PP, Pramuka Kabupaten Bener Meriah. Prosesinya berlangsung hikmad.

Pantauan Lintas Gayo peserta pawai obor berjumlah sekitar 400-an yang diikuti oleh TNI, Polri, Satpol PP, Tagana, dan anggota Pramuka. Acara di mulai pada pukul 21.00 Wib mengikuti rute dari depan pendopo Bupati, menglilingi kota Simpang Tiga Redelong dan kembali lagi ke Pendopo untuk mengikuti penutupan acara pawai obor.

Sementara di Takengon, pawai pasukan obor juga berlangsung lancar, ratusan peserta berbaris mengelilingi kota Takengon dan sempat menjadi perhatian warga kota tersebut. Upacara taptu digelar di jalan Lebe Kader di depan Pendopo Bupati Aceh Tengah, sekitar pukul 22.00 Wib.

Sebagai Inspektur upacara dalam kesempatan itu Pj Bupati Aceh Tengah Mohd Tanwier MM dan dilanjutkan dengan penyulutan obor Anggota TNI 0106 Aceh Tengah.

Setelah penyulutan obor selesai dilakukan oleh petugas  kepada seluruh peserta yang terdiri dari unsur TNI POLRI Pramuka Satpol PP dan pelajar. Selanjutnya peserta upacara berjalan dengan rute yang telah ditentukan mengitari kota Takengon.

Seorang Anggota Pramuka Aceh Tengah, Sari Ramadhin  mengaku senang dapat mengikuti malam taptu dengan lancar, padahal sempat ada pernyatan dari DKC Pramuka  Aceh Tengah membatalkan ikut serta dalam malam Taptu bila hujan terus mengguyur. (M Zhahri, Zul MD,Kom/Red.03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.