Beguru tanpa Reje, Imem dan Petue

Catatan Novarizqa Saifoeddin*
novarizqa

Jumat malam di Depok – Jawa Barat. Calon inen mayak duduk di atas ampang berules upuh ulen-ulen di apit  dua wanita paruh baya.  Aman dan inen Kayyisah selaku empunsinte tengah melangsungkan acara beguru putri sulungnya.

“Bismillahirrahmanirrahim,……………………………
Ama-ama , ine – ine si tetue ni kami. Si wajib tetah si perlu tentu. Kin tempat kejet ton bermenye si kami pemelie i. Suderengku si kut kire patut si layak kire laku siara wan batang ruang si berbahagie.
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh”   ucap  si pramucara  mengawali acara.

Setelah menyelasaikan kata pembuka dan membacakan susunan acara, alunan ayat ayat suci Al Qur’an berkumandang dilanjutkan saritilawah.  Awan Alik  calon inen mayak kemudian memberi “ejer marah orom manat petenah”.  Diakhir pesan dan nasehatnya, veteran pejuang Bagura itu membacakan beberapa baris syaer  “Isteri Teleden”  karya Tgk. Mudekala yang di gubah bebas oleh aman Agioriz.

Kumpungku,……………………..
Ara opat tingkah géh kené nabi
Si lebih jeroh ku kaum isteri
 
Waktu si rawan mumanang, we mupesenang gere pucecengis
Asal ipetetahé kune kati manis.
 
Ike si rawan munyuruh, renyel we beluh gere munangkis
Gere berat beden gere mumerin is
 
Sengkiren si rawan beloh mumérah, reta i umah gere méh titis
Gere rumpes jais, gere mumapa mungikis
 
We pane mujege diri, nume simurah i deye iblis
Langkahé ber sipet, buwet té wan garis.

Suasana  makin hening ketika calon inen mayak memohon doa restu dari kedua orang tua sekaligus mengungkapkan perasaan hatinya.  Dia  yang semula tampak tegar mulai terbata-bata, bulir bulir air mata membasahi pipi. Hadirinpun larut, tertunduk dalam haru. Pun demikian manakala inen Kayyisah memberi restu dan menyampaikan harapan kepada calon inen mayak, anak si ulubere

Tangis benar-benar pecah kala calon inen mayak melakukan semah  kepada kedua orang tua dan yang dituakan sebagai perwujudan rasa hormat dan terima kasih. Beberapa saat berselang, ama kul  calon inen mayak membacakan puji-pujian dan permohonan  pada Allah, Zat Yang Maha Pengasih.

Kalau maksud acara  beguru adalah penyerahan penyelenggaraan akad nikah calon pengantin oleh keluarga kepada sarak opat dan sarak opat memberi nasehat kepada calon pengantin bagaimana hidup berumah tangga, maka acara yang dilangsungkan jumat malam di kediaman Aman Kayyisah itu bukanlah acara beguru. Selain tidak ada Reje, tidak ada Imem dan Petue, empunsinte juga tidak menyediakan batil bersab dan dalung (dulang).

Enti kasé kin perincungen apakah yang demikian boleh disebut beguru atau tidak, sebab yang jelas apapun namanya, acara malam itu bernas, khidmat dan menyentuh. Pantun dan peribahasa yang dibacakan pramucara di akhir setiap tahapan acara sebagai ulasan singkat, menjadi daya pikat tersendiri.

Résé-résé  adalah tahapan terakhir acara, waktu bagi hadirin beramah tamah, bercerita sembari menikmati hidangan yang di suguhkan. Sebelumnya pramucara terlebih dahulu menyampaikan kalimat penutup :

“Ama-ine suderengku.  
Sediken ara peri simulebehi kata
Sintak senengak urum serbe gora
Enti kire kin senik ni até
 
Wah ni tingkem i pangan perling
Wah ni aging ipangan cincimpala
Sediken silep aku berlaing
Kutiro maaf kubewene rata
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh”

*Novarizqa Saifoeddin, Penyuka sastra Gayo tinggal di Depok-Jawa Barat (novazuska[at]ymail.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments

  1. oya baro sastra gayo bang, kenake seni aku muterbang kuabanga kati nguk belejer peribahasa oya bang, lemem gere kupengene, cerak simulie oya, berizin bang.