by

Di Bener Meriah, Ada 5 Grup Saman Siap Tampil

Redelong | Lintas Gayo – Untuk menyaksikan tari Saman di Bener Meriah dan Aceh Tengah ternyata ternyata tidak perlu jauh-jauh menghadirkannya dari Kabupaten Gayo Lues. Di Kabupaten Bener Meriah juga ada 5 grup Saman yang siap dipanggil kapan saja untuk unjuk kebolehan dalam bersaman.

Informasi ini diungkap ketua grup Saman dari Kampung Wih Due Kecamatan Permata, Sulaiman saat ditemui Lintas Gayo sebelum pementasan Saman di acara Ikrar Kampanye Damai Pemilukada 2012 di lapangan Masjid Babussalam Redelong, Rabu (21/3/2012) lalu.

“Setahu saya ada 5 grup Saman disini yang didirikan oleh warga Gayo yang pindah dari sejumlah kampung dari kabupaten Gayo Lues dan grup Saman ini siap manggung jika diminta,” kata Sulaiman didampingi 11 orang anggota grup Saman Penosan Jaya yang dipimpinnya.

Kelima grup Saman tersebut semuanya berada di Kecamatan Permata diantaranya, Penosan Jaya ada 2 grup yang bermarkas di kampung Wih Due, lalu ada grup Bur Pase di Buntul Kemumu, Kepies Gayo di Buntul Kepies dan grup Saman Buntul Peteri.

Untuk uang Langkah (bayaran-red), dirincikan Sulaiman berkisar antara Rp.1 juta hingga Rp.1 setengah juta, tergantung lokasi dimana besaman digelar. “Biaya ini belum termasuk transportasi dan konsumsi,” timpal pimpinan grup Saman yang didirikan di tahun 2000 ini.

Ditanya kenapa tidak memakai pakaian Kerawang Gayo khas Gayo Lues, Sulaiman mengaku grupnya belum memilikinya. “Pakaian yang kami pakai sekarang inipun sumbangan dari Yusuf Gayo, salah seorang anggota DPRK Bener Meriah dari Partai Golkar,” ungkap Sulaiman.

Untuk pembaca Lintas Gayo yang ingin mengundang grup Saman Penosan Jaya menampilkan tari Saman silahkan mengontak nomor 085277293325 atas nama Sulaiman. (Khalisuddin)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.