by

Gayo Cuppers Team : Kopi Gayo Sangat Spesial

Takengen | Lintas Gayo – Ketua tim penilai rasa kopi dari Gayo Cuppers Team (GCT), Mahdi Usati,  menilai kopi gayo sangat spesial.  Spesialnya  kopi Gayo menurut Mahdi yang bersertifikat Internasional ini pada rasa dan aroma serta kualitas.

“Tingkat kopi asalan saja,  rasa kopi Gayo sudah sangat spesial. Bahkan kriteria kopi dibawah asalan masih sangat oke”, papar Mahdi di Takengen, Selasa (18/9). Menurut ketua GCT yang bekerja untuk sebuah perusahaan kopi eksport di Gayo, kopi Gayo merupakan anugerah bagi masyarakat Gayo.

Dikatakan, kopi gayo jenis spesialty biasanya memiliki score (nilai) setelah di uji rasa rasa diatas angka 85. “Padahal dengan score 83 saja , kopi sudah masuk kategori spesialty. Kopi gayo biasanya scorenya diatas angka ini”, imbuh Mahdi.

Menurut Mahdi, hal ini yang membuat kopi gayo sangat disukai para pecandu kopi diberbagai belahan dunia. Menjawab kopi spesialty yang kini permintaannya terus meningkat dari gayo, Mahdi menyatakan banyak kriteria spesialty.

“Kopi spesialty itu banyak ragamnya. Ada yang menjadi spesial karena tingginya score cupping . Ada yang spesialty karena cara penanganan atau pengolahannya serta sejumlah spesial lainnya”, jelas Mahdi.

Saat ini, lanjut Mahdi, tim dari GCT sedang mengembangkan sayapnya sesuai kebutuhan dan permintaan pasar untuk menambah jumlah anggotanya. “Semua tim GCT bekerja di berbagai tempat dan perusahaan sehingga dirasa perlu menambah jumlah anggota”, terang Mahdi.

Agar tetap terjaga profesionalitas para anggota tim GCT, setiap hari Jum’at, GCT melaksanakan  cupping di berbagai tempat dan lokasi yang berbeda.  “Dengan demikian, anggota GCT akan selalu terjaga dan profesional dalam bekerja”, sebut Mahdi.

Bagi masyarakat atau perusahaan,  imbuh Mahdi agar memanfaatkan keahlian GCT untuk melakukan uji cita rasa kopi yang akan dilepas kepada publik. “GCT bersedia melakukan uji cita rasa kopi  milik pribadi atau perusahaan. Dengan uji cita rasa kita tahu kelebihan produk kopi yang akan dijual”, pungkasnya (Win Ruhdi Bathin)

Comments

comments