by

November ini Ada Festival Musik Bambu, Lomba Renang dan Gasing di Takengon

Takengon | Lintas Gayo – Dalam menyongsong Festival Danau Lut Tawar 2013, sebuah gebrakan di bidang seni budaya Gayo tampaknya akan terjadi di punghujung tahun 2012 ini.

Festival Musik Bambu Gayo, akan digelar 17 November 2012 mendatang di Takengon yang digagas sekelompok anak muda Gayo dengan dukungan Balai Pelestrarian Nilai Budaya (BPNB) Banda Aceh dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah.

“Kita ingin menggali dan mengangkat kepermukaan nilai-nilai seni budaya Gayo yang ada. Tujuannya untuk melestarikan dan mengenalkan Gayo ke dunia luar dari segala sisi yang mungkin,” ujar Dadong, Sekretaris panitia beberapa saat setelah melakukan rapat teknis kegiatan tersebut, Sabtu 13 Oktober 2012 malam di Takengon.

Bentuk kegiatan, dijelaskan Dadong, adalah dengan melombakan kemahiran memainkan suling Gayo dengan peserta terbuka untuk umum.

Sementara untuk permainan alat musik Teganing dan Gerantung, dijelaskan Dadong tidak dilombakan akan tetapi akan ada pementasan eksebisi dari kelompok musik Oloh Gayo dengan aransemen Irvan Ceh Kul, musisi muda Gayo yang beberapa minggu lalu merampungkan album “Muniru” yang mendapat respon pasar cukup menggembirakan dan album ini akan diluncurkan secara resmi berbarengan dengan Festival Musik Bambu itu.

Lomba Gasing dan Renang Tradisional

Satu paket dengan festival Musik Bambu ini, diungkapkan Dadong, pihaknya juga menggelar perlombaan Gasing dan Renang Tradisional di Danau Lut Tawar. Kedua lomba ini akan digelar pada 10 – 11 November 2012 dipusatkan di kawasan wisata Pante Menye Bintang.

Lomba ini digagas oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh Tengah bekerja sama dengan Gayo Diving Club (GDC) dan dukungan dari Disbudparpora Aceh Tengah.

Untuk detil ketiga even tersebut, dijelaskan Dadong akan segera dipublish dalam beberapa hari kedepan. “Saat ini kami sedang merampungkan detil konsep ketiga kegiatan tersebut. Dan dalam beberapa hari kedepan akan kami umumnya,” janji Dadong.

Adapun para personil panitia yang terlibat, diantaranya Khairul Iman sebagai Ketua, Dadong (Sekretaris), Darmawan Masri (Wakil Sekretaris), Bidang Musik Bambu dipercayakan kepada Windo Gus Syahputra, Lomba Renang Mude Angkasa dan Gasing digawangi Azani.

Turut terlibat dalam kepanitiaan Duta Wisata Aceh Tengah 2011 Mukhlis Muhdan Bintang dan Dewi Sumita. Pelaku muda seni Gayo, Lorike sebagai manajer Kelompok Musik Oloh Gayo dan design grafis berikut stage manajer dipercayakan kepada MA Pramoedya alias Dogel.

Sementara untuk panitia pengarah, Salman Yoga S dari The Gayo Institut, Munawardi dari GDC dan Khalisuddin dari FORMI Aceh Tengah. (Kha A Zaghlul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.